Sabtu, 27/07/2024 - 11:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Pengampunan Utang Mahasiswa Masih Jadi Strategi Biden Gaet Suara Pemuda

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

WASHINGTON – Menjelang penyelenggaraan pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) pada November mendatang, presiden petahana, Joe Biden, menyusun strategi untuk menarik para pemilih muda. Pengampunan utang pelajar atau mahasiswa menjadi salah satu cara yang ditempuh Biden.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Dalam kampanye pilpres AS tahun 2020, Biden berjanji kepada para pemilih bahwa dia akan menghapuskan sejumlah besar utang pelajar jika berhasil terpilih. Menurut beberapa ahli politik, janji tersebut kemungkinan besar berperan dalam mendorong mahasiswa di AS untuk menggunakan hak pilihnya yang belum pernah terjadi sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Para pemilih muda juga terbukti penting bagi kemenangan Biden di beberapa negara bagian utama, termasuk Arizona, Michigan, dan Pennsylvania. Namun pada Juni tahun lalu, mayoritas konservatif Mahkamah Agung AS memutuskan Presiden Biden tidak memiliki wewenang untuk membatalkan utang pelajar bagi jutaan warga Amerika.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Mahkamah Agung menyatakan bahwa rencana pembatalan pinjaman senilai 400 miliar dolar AS melebihi kewenangan lembaga eksekutif. Keputusan itu diambil setelah pemerintahan Biden membuka permohonan keringanan pinjaman hingga 20 ribu dolar AS per peminjam dan mengumumkan kepada beberapa peminjam bahwa mereka telah “sepenuhnya menyetujui” keringanan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Beberapa jam setelah Mahkamah Agung AS menerbitkan putusannya, Biden menggelar konferensi pers di Gedung Putih. “Keputusan (Mahkamah Agung) hari ini telah menutup satu jalan. Sekarang kita akan mengejar (jalan) yang lain,” ujar Biden kala itu.

Berita Lainnya:
Delusi Joe Biden, Hanya Mau Mundur Capres Jika Disuruh Langsung Tuhan
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Rencana alternatif tersebut, yang kemudian dikenal sebagai “Biden’s Plan B”, dapat menghapuskan utang pelajar sebanyak 10 juta orang, menurut sebuah perkiraan. Biden mungkin akan mencoba memberikan bantuan tersebut sebelum pilpres AS digelar pada November mendatang.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Pemerintahan Biden telah mengeksplorasi semua kewenangan yang ada untuk mengurangi utang pelajar kepada masyarakat. Selain upaya kedua presiden untuk melakukan pembatalan pinjaman mahasiswa secara besar-besaran, Departemen Pendidikan AS, di bawah masa jabatannya, telah melakukan sejumlah perbaikan pada program pengampunan utang pemerintah saat ini.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Sebagai akibat dari perubahan tersebut, lebih dari 3,7 juta orang Amerika telah menerima pembatalan pinjaman, dengan total bantuan sebesar 136 miliar dolar AS. “Presiden Biden telah berbuat lebih banyak dalam menerapkan pengampunan pinjaman mahasiswa dibandingkan presiden sebelumnya,” kata pakar pendidikan tinggi Mark Kantrowitz, dikutip laman CNBC, 24 Januari 2024 lalu.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Program pengampunan utang pelajar atau mahasiswa diyakini masih bisa menarik para pemilih muda untuk kembali memilih Biden. Sebab Partai Republik, yang berseberangan dengan kubu Biden, sebagian besar menentang pengampunan utang.

Berita Lainnya:
Biden Diklaim Siap Mundur dari Pilpres AS, Siapa Penggantinya?

Dalam acara kampanye musim panas lalu, mantan presiden sekaligus calon lawan Biden dalam pilpres AS 2024, Donald Trump, mengatakan, upaya Biden untuk meringankan utang masyarakat “akan sangat tidak adil bagi jutaan orang yang membayar utang mereka melalui kerja keras dan ketekunan”.

Saat masih menjabat, Trump juga berupaya menghentikan program Pengampunan Pinjaman Pelayanan Publik (Public Service Loan Forgiveness) yang populer. Program itu bertujuan melunasi utang pemerintah dan pekerja nirlaba tertentu setelah satu dekade.

Suara Pemuda

Astra Taylor, salah satu pendiri Debt Collective, sebuah serikat debitur, mengatakan bahwa Presiden Biden masih harus berbuat lebih banyak dalam upaya menghapuskan utang di kalangan mahasiswa. “Lebih dari 40 juta orang dijanjikan pembatalan, jumlah yang jauh lebih kecil dari 3,7 juta orang yang telah menerima keringanan. Rasio tersebut perlu diubah secara dramatis jika Biden ingin mendapatkan kembali kepercayaan pemilih,” ucapnya.

Namun Amanda Taylor, seorang bloger di St Louis, tidak menyalahkan Biden atas masih kecilnya rasio pelajar yang telah menerima pengampunan utang. Sebaliknya, dia menyalahkan negara-negara bagian yang dipimpin Partai Republik yang mengajukan gugatan untuk menantang rencana pengampunan pinjaman mahasiswa Presiden Biden.

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah

1 2

Reaksi & Komentar

وَدَخَلَ جَنَّتَهُ وَهُوَ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ قَالَ مَا أَظُنُّ أَن تَبِيدَ هَٰذِهِ أَبَدًا الكهف [35] Listen
And he entered his garden while he was unjust to himself. He said, "I do not think that this will perish - ever. Al-Kahf ( The Cave ) [35] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi