Rabu, 17/04/2024 - 10:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Adab Melepas Jabatan dalam Islam

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Dalam Islam, melepas jabatan atau tanggung jawab memiliki aturan dan etika tersendiri yang harus diikuti. Pada umumnya, sikap yang dijunjung tinggi adalah sikap tawadhu dan ketakwaan. Berikut beberapa adab yang sebaiknya diperhatikan saat melepas jabatan dalam konteks Islam:

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

1. Niat Ikhlas atau Murni

ADVERTISEMENTS

Melepas jabatan harus didasari oleh niat yang ikhlas semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah dan untuk kepentingan umat. Dalam Ensiklopedia Tasawuf Imam Al-Ghazali disebutkan, ikhlas berarti tulus, murni. Ketulusan dalam mengabdi kepada Allah SWT dengan segenap hati dan jiwa.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

2. Berkonsultasi dengan Umat atau Pimpinan Terkait

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

 

Sebelum melepas jabatan, sebaiknya berkonsultasi dengan pihak terkait, seperti ulama, pemimpin, atau orang yang memiliki wewenang dalam hal tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

3. Tawadhu

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Hindari sikap sombong atau merasa lebih tinggi dari yang lain. Tawadhu adalah sikap rendah hati yang sangat dihargai dalam Islam. Sebagaimana disebutkan dalam hadits, Nabi SAW bersabda:

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Meski THR Cair, Allah Perintahkan Jangan Belanja Berlebihan 

إِنَّ اللهَ أَوْحَى إِلَيَّ أَنْ تَوَاضَعُوا حَتَّى لَا يَفْخَرَ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ، وَلَا يَبْغِي أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ (رواه مسلم)

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

”Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku agar bersikap tawaddhu’ (merendahkan diri), hingga seorang tidak menyombongkan dirinya dihadapan orang lain dan tidak saling menganiaya”. (HR Muslim, No: 2865).

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

4. Menjaga Rahasia

Jangan membocorkan rahasia atau informasi penting yang mungkin Anda ketahui selama menjabat. Allah SWT juga telah melarang kita dari mengkhianati amanah, dan salah satu bentuk amanah adalah menyimpan rahasia. Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَخُوْنُوا اللّٰهَ وَالرَّسُوْلَ وَتَخُوْنُوْٓا اَمٰنٰتِكُمْ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul serta janganlah kamu mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedangkan kamu mengetahui.” (QS Al-Anfal [8]:27)

5. Berbicara dengan Bahasa Santun

Ketika mengumumkan keputusan melepas jabatan, gunakan bahasa yang santun dan jauhi kata-kata yang bisa menimbulkan konflik.

Berita Lainnya:
Argumentasi Ganjar dan Mahfud di Sidang Sengketa Pilpres 2024

6. Bekerja Hingga Akhir Masa Jabatan

Melaksanakan tugas dan tanggung jawab hingga akhir masa jabatan dengan sebaik-baiknya sebagai bentuk ketaatan kepada Allah.

7. Minta Maaf Jika Ada Kesalahan

Jika selama menjabat terdapat kesalahan atau kesalahan dalam tindakan, hendaknya meminta maaf dan bertaubat kepada Allah.

8. Mendukung Pengganti

Setelah melepas jabatan, memberikan dukungan dan nasihat kepada pengganti baru agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

9. Berdoa untuk Kesuksesan Pengganti

Memohon kepada Allah agar memberikan kesuksesan kepada penggantinya dan memudahkan segala urusannya.

10. Menjaga Amanah

Melepas jabatan tidak berarti melepaskan tanggung jawab terhadap amanah yang telah diberikan. Tetap menjaga amanah dan kewajiban yang telah diemban.

Adab-adab di atas didasarkan pada prinsip-prinsip Islam yang mengajarkan kesederhanaan, tawadhu, dan niat yang tulus dalam setiap tindakan, termasuk dalam konteks melepas jabatan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi