Minggu, 14/04/2024 - 20:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Warga Kampung Bayam Menolak Disebut Sudah Terima Kompensasi dari Pembangunan JIS

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Warga Kampung Bayam yang masih menempati Kampung Susun Bayam (KSB) di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menolak disebut sudah mendapat kompensasi dari pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Warga menilai, keberadaan KSB adalah bagian dari kompensasi itu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Bustami Hamzah sebagai Pj Gubernur Aceh
ADVERTISEMENTS

Ketua Kelompok Tani Kampung Bayam Madani Muhammad Furqon mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjanjikan kompensasi berupa pendidikan, ekonomi, juga tempat tinggal. Menurut dia, bangunan KSB merupakan bagian dari kompensasi yang harus diberikan kepada warga. 

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

“Kalau memang kompensasi sudah diberikan, ini kompensasinya. Diberikan kuncinya, legalitasnya. Jangan berbicara di media. Dialog sama kami,” kata dia, Jumat (2/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Menurut dia, hal itu telah dijanjikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ketika Anies Baswedan masih menjabat sebagai gubernur. Namun, janji itu tidak dituntaskan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. 

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Pentingnya Bentengi Diri dengan Kemampuan Literasi Digital untuk Capai Manfaat Positif

“Dilanjutkan dong. Tolong jangan dipersulit,” kata Furqon. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

 

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo atau Jakpro mengeklaim telah menyelesaikan kewajiban yang diberikanboleh Pemprov DKI sesuai dengan Undang-undang yang mengacu kepada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 62 Tahun 2018. Jakpro menyebut, seluruh masyarakat Kampung Bayam sejumlah 642 kepala keluarga (KK) ini sudah mendapatkan biaya kompensasi atas penggantian hunian mereka di Kampung Bayam.

ADVERTISEMENTS
Iklan Belasungkawa Adinda Almarhum Yafi Dhia Ulhaq Yuli

 

“Biaya permukiman kembali melalui program Resettlement Action Plan (RAP) yang berlangsung cukup panjang tahapan prosesnya, yaitu dimulai pada akhir 2019 hingga pertengahan 2021,” kata Jakpro melalui keterangan tertulis.

Berita Lainnya:
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim Tidak Ditahan, Ini Penjelasan

 

Jakpro menyebut, sebesar Rp 13,9 miliar total biaya RAP disclosure telah diberikan kepada 642 KK terdampak. Nominal yang diterima masing-masing warga pun bervariasi mulai dari Rp 6 juta sampai dengan Rp 110 juta. 

Menurut Jakpro, program RAP itu merupakan hasil musyawarah secara berkelanjutan dengan kelompok-kelompok warga eks Kampung Bayam. Program penataan ini merupakan langkah peremajaan wilayah Jakarta Utara untuk mendukung pertumbuhan kota yang sehat dan berkelanjutan.

 

Setelah RAP rampung selesai pada tahun 2021, dibangunlah HPPO JIS yang bertujuan untuk mendukung konsep keberlanjutan kawasan JIS. Konsep keberlanjutan tidak hanya berkaitan dengan lingkungan yang hijau, tapi juga melibatkan masyarakat sekitar dan warga DKI Jakarta pada khususnya dalam kegiatan Pengelolaan Operasional JIS.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi