Senin, 17/06/2024 - 04:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Calon Pengantin di Bengkulu Diimbau Tunda Nikah Bila Lingkar Lengan Atas di Bawah 23 Cm

Calon pengantin (ilustrasi). Dinkes Kota Bengkulu mengimbau warganya agar menunda pernikahan jika lingkar lengan atas calon pengantin perempuan di bawah 23 cm.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau warganya agar menunda pernikahan jika lingkar lengan atas calon pengantin perempuan di bawah 23 cm. Menurut dinkes setempat, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi lahirnya bayi stunting di wilayah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Kami sudah jalin kerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) bahwa calon pengantin yang ingin melangsungkan pernikahan tidak boleh lingkar lengan atasnya kurang dari 23 cm, semakin besar lengannya semakin bagus. Kalau lengannya kecil, berarti masa tubuhnya itu kurang. Jadi kalau lingkar lengan atasnya belum mencukupi, pernikahannya sebaiknya ditunda dulu sembari program penggemukan dan mencukupi gizi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani saat dikonfirmasi di Bengkulu, Ahad (4/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Jokowi Dukung Langsung di SUGBK, Yakin Timnas Indonesia Menang Atas Filipina

Dia mengatakan, untuk calon pengantin akan dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menikah, sebab mereka harus dipastikan dalam keadaan sehat sebelum pernikahan. Pihaknya juga akan melakukan pemantauan kesehatan minimal enam kali terhadap ibu hamil dengan pemeriksaan dokter menggunakan ultrasonografi medis (USG).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

”Kemudian setelah melahirkan bayinya sampai dua tahun juga harus pantau terus perkembangannya. Kalau memang semuanya sudah dijalankan, mudahan-mudahan di Kota Bengkulu ini bisa nol stunting,” ujarnya. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Selain itu, menurut Joni, beberapa faktor yang menyebabkan bayi stunting yaitu jarak kehamilan yang terlalu dekat, jumlah melahirkan terlalu banyak, usia ibu saat hamil terlalu tua, usia ibu saat hamil terlalu muda tepatnya di bawah 20 tahun, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu pihaknya terus melakukan edukasi kepada anak remaja di sekolah agar melakukan pemeriksaan hemoglobin (HB) dan jika rendah,maka Dinkes Kota Bengkulu akan memberikan tablet tambah darah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Kejagung Pastikan Emas Antam yang Beredar di Masyarakat Asli

Meskipun demikian Selama 2024, kata dia, belum ada calon pengantin yang ditunda pernikahannya karena hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan terhadap belum ditemukan calon pengantin dengan lingkar lengan atas di bawah 23 cm.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Kami menyarankan kepada pasangan yang akan menikah dan yang sedang hamil harus banyak konsumsi makanan bergizi dan berprotein tinggi. Terutama yang hamil agar makannya harus lebih banyak dari biasanya agar ketika bayinya lahir nanti sehat dan perkembangannya juga baik,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

فَلَمَّا جَاوَزَا قَالَ لِفَتَاهُ آتِنَا غَدَاءَنَا لَقَدْ لَقِينَا مِن سَفَرِنَا هَٰذَا نَصَبًا الكهف [62] Listen
So when they had passed beyond it, [Moses] said to his boy, "Bring us our morning meal. We have certainly suffered in this, our journey, [much] fatigue." Al-Kahf ( The Cave ) [62] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi