Minggu, 26/05/2024 - 19:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kawal Demokrasi, Unesa Sampaikan Pernyataan Sikap Bersama Guru Besar

 SURABAYA — Civitas akademika dan guru besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyampaikan pernyataan sikap dengan tema “Mengawal Demokrasi Menjaga NKRI” di Kampus Unesa Lidah Wetan, Surabaya, Senin (5/2/2024). Pernyataan sikap tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Senat akademik Unesa, Prof. Setyo Yuwono.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Setyo mengawali pembacaan pernyataan sikap tersebut dengan mendorong semua pihak untuk menjaga kebersamaan dan suasana kondusif demi terwujudnya demokrasi yang sehat, berasaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Semua elemen bangsa harus memberikan teladan yang benar dengan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok, dan golongan untuk suksesnya pemilihan umum 2024,” kata Setyo Yuwono.

Setyo pun mengingatkan aparatur sipil negara, pejabat pemerintahan, TNI, dan Polri untuk menjaga netralitas dan tidak memihak pada Pemilu 2024. Ia juga meminta semua pihak untuk menghargai kebebasan akademik sebagai bagian dari otonomi kampus yang konstitusional, tanpa adanya tendensi kepentingan politik.

Berita Lainnya:
Peserta Disabilitas Ikut Tes UTBK di UNESA, Disiapkan Pendamping dan Fasilitas Khusus

“Namun semata-mata untuk kepentingan peradaban dan nilai-nilai demokrasi,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Setyo juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk memberikan edukasi dan literasi politik kepada masyarakat. Tujuannya untuk menghindarkan diri dari informasi yang bersifat hoax dan ujaran kebencian, agar terwujud Pemilu 2024 yang jujur, adil, aman, dan damai. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Serta mengajak seluruh warga negara yang memiliki hak pilih untuk tidak golput. Demikian pernyataan sikap sebagai perwujudan tanggung jawab moral dalam menjaga demokrasi yang beradab,” ucapnya.

Berita Lainnya:
Pengamat: Arahan Jokowi Beri Data ke Prabowo Jadi Upaya Transisi

Dosen Desain Grafis Unesa, Martadi mengatakan, perguruan tinggi memiliki tanggung jawab moral dan tugas untuk menjaga persaudaraan di tengah dinamika politik menjelang Pemilu 2024. Jangan sampai, kata dia, Pemilu menimbulkan perpecahan. 

ADVERTISEMENTS

“Berbagai komponen yang memberikan pernyataan sikap pesan moral mengingatkan siapapun betapa pentingnya persatuan dan kesatuan, kemudian pemilu yang damai,” kata dia.

ADVERTISEMENTS

Martadi menambahkan, suasana kebangsaan menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024 berpotensi semakin memanas. Maka tugas civitas akademika untuk mengingatkan semua elemen masyarakat untuk menjaga persatuan dan persaudaraan.

“Tidak fokus kepada satu isu tertentu namun ke umum dan ke semua elemen,” ucapnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi