Minggu, 21/04/2024 - 02:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Kementan Harapkan Peran Aktif Pemda Wujudkan Swasembada Jagung  

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Kementerian Pertanian berharap peran aktif pemerintah daerah untuk mendukung ketahanan pangan nasional, terutama komoditas beras dan jagung. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi saat melakukan tanam jagung di Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Selasa (6/2/2024). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Harvick mengatakan, penanaman jagung akan terus dilakukan di berbagai daerah guna meningkatkan produksi nasional. Sebab, menurutnya, saat ini Kementerian Pertanian tengah fokus untuk menggenjot produksi jagung dan beras.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kita sedang menggalakkan padi dan jagung. Sebagaimana harapan bapak Presiden (Joko Widodo), bahwa produksi padi dan jagung di tahun 2024 ini bisa menambah cadangan pangan nasional guna mewujudkan swasembada,” kata Harvick dikutip dalam keterangannya, Rabu (7/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pertanian Cerdas Tingkatkan Produktivitas Hingga Dua Kali Lipat

Untuk itu, peran aktif dari pemerintah daerah dibutuhkan untuk mendukung swasembada komoditas beras dan jagung melalui produksi di masing-masing daerah.

“Apalagi beberapa waktu lalu kita menghadapi cuaca El Nino yang menyebabkan mundurnya waktu musim tanam,” ujar Wamentan.

Penanaman jagung di area lahan seluas 28 hektar ini dilakukan bersama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf, serta Forkopimda Kabupaten Lamongan. Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, menyampaikan daerahnya merupakan salah satu lumbung pangan nasional. Bahkan dengan total produksi jagung mencapai 1,2 juta ton di tahun 2022, menempatkan Lamongan terbesar di Jawa Timur. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
KBUMN-Kejagung Kompak Bongkar Korupsi PT Timah

Bupati menambahkan, sektor pertanian di Kabupaten Lamongan turut memberikan kontribusi terbesar di tahun 2023 yakni 33 persen dari Produk Domestik Bruto Regional (PDRB). Selain itu, nilai tukar petani (NTP) meningkat dari 114 di tahun 2022 menjadi 116 di tahun 2023. 

“Menunjukkan kualitas pertanian di Kabupaten Lamongan membaik dan memberikan kesejahteraan bagi para petani,” katanya.

Ia berharap kehadiran Wamentan dapat memberikan energi semangat untuk petani di Lamongan, meskipun di tengah cuaca yang tidak menentu. “Semoga kedatangan Pak Wamentan menambah semangat petani di sini. Meskipun cuaca berubah-ubah, tapi bisa memproduksi tinggi,” katanya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi