Senin, 06/05/2024 - 15:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kemendag Dorong UMKM Go Global Melalui Pemanfaatan Teknologi  

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga terus mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adaptif dan melek  terhadap  perkembangan teknologi. Dengan melek  teknologi, para pelaku UMKM diharapkan dapat  memperluas cakupan promosi produk mereka dandapat bersaing, baik di pasar lokal maupun global.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Kementerian Perdagangan mendorong  para  pelaku  UMKM di  Kabupaten  Minahasa dan  Manadomelek teknologi, adaptif, dan melakukan  inovasipenjualan. Kami  juga  berharap  para pelaku usaha dapat mengoptimalkan pemanfaatan perwakilan perdagangan RI yang   terdiri dari para Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) yang  tersebar di seluruh dunia untuk mempromosikan dan menggenjot ekspor produk Indonesia,” ujar Jerry dikutip dari siaran persnya, Sabtu (10/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Jerry menekankan, berbagai program Kementerian Perdagangan dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM. Contohnya, kegiatan pembinaan, pelatihan, dan pendampingan untuk  meningkatkan kualitas produk, kapasitas sumber daya manusia, kapasitas bisnis, dan perluasan akses pemasaran.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Jerry menyatakan, pengembangan produk Indonesia merupakan salah  satu prioritas pemerintah pusat dan daerah. Pemerintah sebagai regulator harus menjadi contoh dan teladan dalam penggunaan produk dalam negeri.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Puncak Arus Balik, Okupansi Kereta Cepat Menuju Halim Capai 89 Persen

“Pemerintah pusat maupun daerah harus memastikan produk dalam negeri berdaya. Saat  ini, saya memakai kemeja batik buatan lokal. Bahkan,kemeja batik ini dibuat di Kabupaten Minahasa dengan motif Sulawesi Utara.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pemerintah sebagai regulator harus memberikan contoh dan teladan dalam penggunaan produk dalam negeri. Tidak hanya mencintai, tapi juga membeli, memakai, dan mengonsumsi,” ungkap Jerry.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Jerry menambahkan, UMKM menjadi salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia pada situasi pandemi Covid-19 dalam tiga tahun terakhir. Dari sisi ekspor, lebih dari 75 persen eksportir merupakan  UMKM. Namun, kontribusinya baru mencapai empat persen terhadap total nilai ekspor Indonesia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Krisna Ariza menyatakan,  pemerintah sedang mempersiapkan Indonesia Emas 2045 dengan cita-cita menjadikan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera. Pertama, ia menilai salah satunya perlu  transformasi sumber daya manusia UMKM.  

“Pandemi Covid-19 dan perkembangan teknologi membuat pola konsumen berubah. Saat ini, penjualan tidak hanya dilakukan secara tatap muka, tapi juga secara daring. Pelaku UMKM  membutuhkan kemampuan  manajerial untuk mengatur penjualan langsung maupun daring,” jelas Krisna. 

Berita Lainnya:
BCA Syariah Salurkan Pembiayaan UMKM Rp 1,9 Triliun

Krisna mengatakan, hal kedua yang harus disiapkan adalah inovasi produk UMKM yang harus terus dilakukan seiring pertumbuhan zaman. Ketiga, pola kemitraan dengan toko retail modern. Toko retail modern harus mengutamakan produk-produk unggulan di Kabupaten Minahasa melalui evaluasi.  

Hal itu menjadi tugas pemerintah daerah untuk memberikan akses pasar kepada UMKM di Kabupaten Minahasa. “Keempat, ketika ada peningkatan produksi, para pelaku UMKM harus berani meningkatkan kapasitas modal dan kapasitas produksinya dengan meminjam uang kepada jasa keuangan perbankan. Fasilitas yang diberikan pemerintah adalah sesuai yang dipersyaratkan. Hal itu harus dimanfaatkan dengan baik dan menjadi sarana untuk memperluas akses pasar,” ujar Krisna. 

Krisna mengatakan, Kementerian Perdagangan akan terus berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan di di seluruh kabupaten di Indonesia untukmemberikan pembinaan dan pelatihan terkait cara berjualan daring. Pemerintah hadir secara nyata memfasilitasi kebutuhan masyarakat dan pelaku UMKM.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi