Minggu, 19/05/2024 - 07:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Biak Jajaki Ekspor Perikanan ke Amerika dan China

Pekerja menunjukkan ikan tuna yang telah diasapi dalam proses produksi olahan rendang ikan tuna di Oleh-oleh Khas Papua, Sambal Baba, Jayapura, Papua, Senin (22/8/2022) (ilustrasi).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

BIAK — Dinas Perikanan Kabupaten Biak Numfor, Papua sedang menjajaki ekspor hasil perikanan setempat ke negara tujuan Amerika dan China.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Biak Numfor masuk zona dua ekosistem hasil perikanan penangkapan ikan terukur berpeluang ekspor ke negara tujuan Jepang, Amerika dan China,” ujar Kepala Dinas Perikanan Biak Numfor Effendi Igirisa di Biak, kemarin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Effendi mnyebutkan, upaya Pemkab Biak Numfor menginginkan ekspor langsung ke Amerika, China dan Jepang dari Bandara Frans Kaisiepo Biak. Ekspor langsung dari Bandara Frans Kaisiepo Biak bertujuan untuk meningkatkan pendapatan bagi devisa negara sektor perikanan dan kelautan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Capai Kesepakatan Restrukturisasi, Waskita Pede Genjot Pertumbuhan

Sedangkan tujuan ekspor hasil perikanan langsung dari Biak, menurut Effendi, dalam rangka menjawab keinginan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Kampung Nelayan Modern (Kalamo) Samber-Binyeri Distrik Yendidori pada November 2023 supaya Bandara Frans Kaisiepo Biak bisa ekspor langsung. Pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung Bandara Frans Kaisiepo Biak menjadi hub kargo untuk ekspor hasil perikanan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Apalagi letak geografis Biak sangat strategis karena menjadi beranda terdepan Indonesia di kawasan negara Pasifik,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Penggunaan Aplikasi JMO Terus Disosialisasikan ke Peserta

Effendi berharap, adanya keputusan Kementerian Perhubungan menghapus status bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak supaya bisa ditinjau kembali.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Ada peluang ekspor perikanan langsung dari Biak sehingga diperlukan kebijakan khusus untuk Bandara Frans Kaisiepo Biak sebagai pintu masuk negara di Pasifik,” harapnya.

ADVERTISEMENTS

Sejumlah hasil perikanan dan kelautan di Biak Numfor berpeluang ekspor langsung di antaranya ikan tuna segar, lobster, kepiting, ikan hias dan rumput laut.

ADVERTISEMENTS

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi