Minggu, 14/04/2024 - 22:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Antusiasme WNI Berikan Hak Suara di London Sangat Baik

ADVERTISEMENTS

Suasana Tempat Pemungutan Suara (TPS) di World Trade Center (WTC), Kuala Lumpur, Ahad (11/2/2024). Warga Negara Indonesia di Malaysia secara bersamaan menyalurkan suara Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) pada 11 Februari.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

LONDON — Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri London Denny Kurniawan mengatakan antusiasme Warga Negara Indonesia (WNI) dalam mengikuti pemilihan umum yang digelar 11 Februari lalu sangat tinggi. Denny mengatakan persiapan proses pemilihan di London, Britania Raya sudah dilakukan sejak awal Februari.  

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Bustami Hamzah sebagai Pj Gubernur Aceh
ADVERTISEMENTS

“Diawali dengan pemutakhiran data pemilih atau proses yang dikenal dengan coklit yang dilakukan oleh lima orang PPLN bersama tujuh orang panitia pendaftaran pemilih,” kata Denny melalui aplikasi kirim-pesan kepada Republika, Senin (12/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Denny mengatakan pengiriman surat suara dan logistik lainnya dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjalan dengan lancar. Pengiriman, tambahnya dilakukan dalam dua gelombang dan telah diterima secara lengkap sejak awal bulan Januari 2024. “Sebagian logistik dilakukan pengadaan oleh PPLN sesuai petunjuk teknis KPU RI,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
AHY: Demokrat-Gerindra akan Kikis Politik Uang

Denny mengatakan jumlah partisipasi pemilih secara presentase dibandingkan dengan jumlah surat suara sangat baik. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi PPLN London seperti pendataan pemilih terutama bagi mahasiswa yang baru datang ke Inggris untuk menuntut ilmu setelah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditetapkan.

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

“PPLN telah mendata DPT sebanyak 1.622 pemilih dengan 90 persen adalah mahasiswa,” katanya. Kendala kedua, kata Denny, banyak turis atau yang sedang dalam kunjungan singkat ke London datang di hari pemilihan dan hendak memilih.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Sementara, mereka sudah terdaftar di DPT di Indonesia. “Sesuai dengan ketentuan KPU RI, bahwa pemilih yang sudah terdaftar di Tanah Air harus memproses pindah memilih paling lambat H-7 jika memenuhi sembilan alasan pindah memilih sesuai ketentuan,” kata Denny.  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Gempa Bumi Magnitudo 6,0 Guncang Gresik Terasa Hingga Jawa Tengah dan Yogyakarta

“Maka jika datang pada hari pemungutan suara akan ditolak oleh panitia karena berpotensi pemilih ganda,” tambahnya. Kendala ketiga, lanjut Denny, gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) sebagai lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak mencukupi untuk dapat melayani jumlah WNI yang mempunyai hak untuk memilih.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

“Untuk itu PPLN London melakukan beberapa inovasi, pertama, memecah lokasi pemilihan di London dan Manchester sehingga masyarakat di luar London dapat memilih tanpa harus ke London; kedua, karena gedung KBRI yang tidak besar kapasitasnya maka lokasi TPS dilaksanakan diluar KBRI dengan menyewa gedung, hotel Holiday Inn di Manchester dan stadion KIA Oval di London,” kata Denny. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sumber: Republika

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
ADVERTISEMENTS
Iklan Belasungkawa Adinda Almarhum Yafi Dhia Ulhaq Yuli

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi