Sabtu, 27/07/2024 - 09:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Alice Norin Idap Kanker Sarkoma, Apa Itu?

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

JAKARTA — Aktris Alice Norin menyampaikan dirinya mengidap kanker sarkoma, dan sudah menjalani operasi sejak 16 Desember 2023. Sarkoma adalah jenis tumor ganas (kanker) langka yang berkembang di tulang dan jaringan ikat, seperti lemak, otot, pembuluh darah, saraf, dan jaringan yang mengelilingi tulang dan sendi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Dilansir laman Cleveland Clinic, gejala dari sarkoma bergantung pada ukuran dan lokasi tumor. Perawatannya meliputi pembedahan, radiasi, kemoterapi, terapi bertarget, dan imunoterapi.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Sarkoma jarang terjadi, hanya merupakan satu persen dari seluruh diagnosis kanker pada orang dewasa, dan sekitar 15 persen dari diagnosis kanker pada anak-anak. Sekitar 16 ribu sarkoma didiagnosis di Amerika Serikat setiap tahunnya (sekitar 4.000 sarkoma tulang dan sekitar 13 ribu sarkoma jaringan lunak).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Sarkoma dapat terbentuk di berbagai bagian tubuh, mulai dari kepala hingga jari kaki. Biasanya, 40 persen terjadi di ekstremitas bawah (kaki, pergelangan kaki, kaki), lalu 15 persen terjadi di ekstremitas atas (bahu, lengan, pergelangan tangan, tangan), 30 persen terjadi di batang tubuh, dinding dada, perut, panggul, 15 persen terjadi di kepala dan leher.

Berita Lainnya:
Ilmuwan Temukan Penyebab Lupus dan Cara yang Mungkin Bisa Mengobatinya
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Sarkoma terbentuk ketika sel-sel tulang atau jaringan lunak yang belum matang mengalami perubahan pada DNA-nya, dan berkembang menjadi sel-sel kanker yang tumbuh dengan cara yang tidak teratur. Mereka pada akhirnya dapat membentuk massa atau tumor yang dapat menyerang jaringan sehat di sekitarnya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Jika tidak diobati, kanker dapat menyebar melalui aliran darah atau sistem limfatik dari lokasi utama pembentukannya ke organ lain (metastasis). Jika kanker sudah bermetastasis, ini sulit untuk diobati. Seperti bentuk kanker lainnya, penelitian tidak ada yang mengetahui apa yang menyebabkan sel sehat menjadi sarkoma.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko terkena sarkoma, meliputi sebagai berikut.

• Paparan bahan kimia: Paparan arsenik dan bahan kimia tertentu yang digunakan untuk membuat plastik (monomer vinil klorida), herbisida (asam fenoksiasetat), dan pengawet kayu (klorofenol).

• Radiasi: Paparan radiasi dosis tinggi dari pengobatan kanker sebelumnya.

• Limfedema: Pembengkakan jangka panjang di lengan atau kaki.

• Kondisi genetik: Kelainan bawaan dan mutasi kromosom tertentu, seperti sindrom Gardner, sindrom Werner, penyakit von Hippel-Lindau, sindrom Gorlin, tuberous sclerosis, sindrom Li-Fraumeni, retinoblastoma, dan neurofibromatosis tipe 1.

Berita Lainnya:
Jumlah Pecandu Judi Online Meningkat pada 2024, Dokter: Awalnya Hanya Iseng Saja

Gejalanya bervariasi tergantung lokasi tumor. Misalnya, beberapa sarkoma mungkin tidak menimbulkan gejala yang nyata pada tahap awal. Beberapa sarkoma mungkin terasa seperti benjolan yang tidak menimbulkan rasa sakit di bawah kulit, sementara sarkoma lainnya tidak menimbulkan rasa sakit sampai ukurannya tumbuh cukup besar untuk menekan organ. 

Sarkoma lain dapat menyebabkan nyeri tulang yang berkepanjangan atau pembengkakan di lengan atau kaki yang memburuk di malam hari. Perubahan ini mungkin membatasi pergerakan penderitanya. Gejalanya bisa termasuk benjolan baru yang mungkin terasa sakit atau tidak, nyeri pada ekstremitas (lengan/kaki) atau perut/panggul, kesulitan menggerakkan lengan atau kaki (gerakan lemas atau terbatas). Selain itu, ada penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan sakit punggung. Sarkoma juga memiliki gejala yang sama dengan banyak kondisi lainnya. Tenaga medis akan membantu menentukan apakah gejala yang dirasakan seseorang berhubungan dengan sarkoma atau penyakit lain.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَتَرَكْنَا بَعْضَهُمْ يَوْمَئِذٍ يَمُوجُ فِي بَعْضٍ ۖ وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَجَمَعْنَاهُمْ جَمْعًا الكهف [99] Listen
And We will leave them that day surging over each other, and [then] the Horn will be blown, and We will assemble them in [one] assembly. Al-Kahf ( The Cave ) [99] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi