Jumat, 03/05/2024 - 13:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Bulog: Bantuan Beras Bantu Masyarakat di Tengah Gejolak Pangan Dunia

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengatakan bantuan pangan beras sebesar 10 kg, yang diberikan pemerintah, bertujuan membantu masyarakat kurang mampu mencukupi kebutuhan pangannya di tengah gejolak harga pangan dunia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Mereka yang mendapatkan bantuan itu tidak perlu lagi pergi ke pasar, mereka punya beras,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (22/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Bayu menyampaikan hal tersebut saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Bayu menegaskan bahwa salah satu tujuan utama dari program bantuan pangan beras adalah untuk memastikan keluarga penerima manfaat (KPM) yang berpenghasilan di bawah garis kemiskinan memiliki cukup pasokan beras.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurut dia, pentingnya program tersebut sebagai langkah konkret untuk mengatasi masalah kelaparan dan ketidakcukupan pangan di kalangan masyarakat yang kurang mampu.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Rekrutmen Syaratkan IPK 3,5, KAI Kekurangan Tenaga Ahli Bidang Perkeretaapian

“Kemudian, bagi keluarga yang tidak dapat pembagian bisa membeli beras SPHP yang juga sudah semakin tersedia di mana-mana,” ujar Bayu.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Presiden Jokowi mengecek langsung ketersediaan cadangan beras pemerintah (CBP) di Gudang Bulog Batangase Maros, sekaligus menyerahkan bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat.

Presiden menjelaskan bahwa kenaikan harga beras dipicu oleh fenomena El Nino yang melanda di seluruh dunia, sehingga berdampak pada kenaikan harga karena jumlah produksi menurun, sementara kebutuhan konsumsi masyarakat cenderung tetap atau bahkan mengalami peningkatan.

“Bapak dan Ibu tahu kan kenapa mendapatkan bantuan beras? Karena saat ini harga beras di seluruh dunia sedang naik, kenaikan harga beras ini disebabkan perubahan iklim karena terjadi El Nino. Meskipun demikian, negara kita memberikan bantuan pangan berupa beras sebanyak 10 kg per bulan kepada jutaan penerima manfaat,” kata Jokowi.

Berita Lainnya:
Harga Pangan Hari Ini: Cabai dan Telur Kompak Naik, Beras Masih di Atas HET

Menteri BUMN Erick Thohir yang ikut mendampingi Presiden, menambahkan stok beras Bulog saat ini dalam kondisi aman.

Erick mengatakan secara nasional Bulog sudah menyiapkan stok cadangan beras pemerintah dengan baik untuk pelaksanaan program-program seperti bantuan pangan beras yang direncanakan hingga Juni 2024.

“Untuk penyaluran beras SPHP (stabilisasi pasokan dan harga pangan) dan menghadapi Puasa serta Lebaran. Program bantuan beras ini juga terbukti efektif meredam gejolak harga beras yang terjadi sebagai dampak El Nino,” ujarnya.

Sementara itu, Jamilah (70) mengaku bahagia bisa mendapat bantuan pangan beras dari pemerintah, sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarganya.

“Kami sangat membutuhkan sekali bantuan seperti ini, karena sangat membantu buat orang susah seperti kami, terima kasih pemerintah semoga bantuan ini rutin diberikan,” kata Jamilah.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi