Rabu, 17/04/2024 - 09:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Palestina Tolak Rencana Netanyahu untuk Gaza Pascaperang

ADVERTISEMENTS

RAMALLAH – Palestina menolak rencana resmi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang akan diterapkan di Jalur Gaza ketika perang dengan Hamas telah usai. Menurut Palestina, dengan adanya penolakan, hal itu berarti rencana Netanyahu bakal gagal atau tidak bisa dilaksanakan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Mengenai hari setelahnya (perang) di Jalur Gaza, Netanyahu menyampaikan ide-ide yang dia tahu sepenuhnya tidak akan pernah berhasil,” kata anggota Politbiro Hamas, Osama Hamdan, kepada awak media, dikutip laman Al Arabiya, Jumat (23/2/2024).

ADVERTISEMENTS

Otoritas Palestina yang dipimpin Fatah juga menolak rencana Netanyahu. Juru Bicara Kepresidenan Palestina, Nabil Abu Rudeineh, mengatakan, gagasan Netanyahu untuk Gaza pasca-perang pasti akan gagal. “Jika dunia benar-benar tertarik untuk mendapatkan keamanan dan stabilitas di kawasan, dunia harus mengakhiri pendudukan Israel atas tanah Palestina dan mengakui negara Palestina merdeka dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Netanyahu telah merilis rencana resmi pertamanya terkait apa yang hendak dilakukannya di Jalur Gaza jika perang dengan Hamas telah berakhir. Dalam rencana tersebut, Israel disebut akan mempertahankan kontrol keamanan atas seluruh Gaza dan membuat proses rekonstruksinya bergantung pada kemajuan demiliterisasinya.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pekerja Kreatif Yahudi Kecam Pidato Sutradara Jonathan Glazer di Piala Oscar

Netanyahu telah mempresentasikan rencananya ke kabinet keamanan pada Kamis (22/2/2024). Perubahan pada detail rencana masih mungkin terjadi. Dalam daftar tujuan jangka panjangnya, Netanyahu menolak “pengakuan sepihak” atas negara Palestina. Dia mengatakan penyelesaian konflik dengan Palestina hanya akan dicapai melalui negosiasi langsung antara kedua belah pihak.

Di Gaza, Netanyahu menguraikan demiliterisasi dan deradikalisasi sebagai tujuan yang ingin dicapai dalam jangka menengah. Dia tidak merinci kapan tahap perantara itu akan dimulai atau berapa lama akan berlangsung. Namun ia mengkondisikan rehabilitasi Jalur Gaza, yang sebagian besar telah porak poranda akibat agresi Israel, harus dilakukan demiliterisasi sepenuhnya.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Netanyahu kemudian mengusulkan Israel hadir di perbatasan Gaza-Mesir dan bekerja sama dengan Kairo serta Amerika Serikat di wilayah tersebut guna mencegah upaya penyelundupan, termasuk di penyeberangan Rafah. Untuk menggantikan kekuasaan Hamas di Gaza sambil menjaga ketertiban umum, Netanyahu menyarankan untuk bekerja sama dengan perwakilan lokal “yang tidak berafiliasi dengan negara atau kelompok teroris dan tidak didukung secara finansial oleh mereka”.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Rusia Sita Puluhan Kilo Bahan Peledak dari Ukraina

Netanyahu juga menyerukan penutupan Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dan menggantikannya dengan kelompok bantuan internasional lainnya. “Dokumen prinsip-prinsip perdana menteri mencerminkan konsensus publik yang luas mengenai tujuan perang dan penggantian pemerintahan Hamas di Gaza dengan alternatif sipil,” kata sebuah pernyataan dari kantor Perdana Menteri Israel, dikutip laman Al Arabiya.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Dokumen rencana tersebut kini akan didiskusikan di kabinet keamanan Israel. Hingga kini pertempuran antara Israel dan Hamas masih berlangsung di Gaza. Lebih dari 29.400 warga Gaza sudah terbunuh sejak Israel meluncurkan agresinya pada 7 Oktober 2023 lalu. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

 

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi