Senin, 22/04/2024 - 19:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Jamkrindo Gelar Workshop Literasi Keuangan untuk UMKM

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berupaya mendorong literasi keuangan bagi UMKM, dengan menggelar workshop literasi keuangan digital di Universitas Raharja, pada Kamis (22/2/2024) lalu. Sekretaris Perusahaan Jamkrindo Aribowo mengatakan, pelaksanaan workshop literasi keuangan digital ini sebelumnya telah diakukan di Pare-Pare, Palu dan Ambon pada akhir 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kali ini, digelar di Tangerang yang diikuti 50 peserta UMKM. Materi yang diberikan ialah edukasi literasi keuangan, khususnya peran penting laporan keuangan sebagai salah satu syarat dalam mendukung akses permodalan,” ujar Aribowo, melalui siaran pers, Ahad (25/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Waskita Beton Bidik Kontrak Baru di PSN Pemerintah

Dia berharap, adanya workshop ini, para pelaku UMKM mampu membuat laporan keuangan sendiri, sehingga dapat mendiagnosis kesehatan keuangannya. Lebih lanjut Aribowo mengungkapkan, di situasi yang serba digital ini, pihaknya juga mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelegent melalui ChatGPT. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurutnya, penggunaan ChatGPT dapat memudahkan para UMKM merencanakan strategi pemasaran, memberikan informasi tren pasar, meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan menganalisis data pelanggan. “Para pelaku UMKM harus mampu untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, khususnya dalam penerapan artificial intelligence untuk meningkatkan produktivitas bisnis,” kata Aribowo.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
IMF Nilai Vietnam Punya Banyak Peluang Ekonomi dari Digitalisasi

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tak hanya itu, kegiatan workshop ini juga dilakukan untuk mensosialisasikan platform UMKM Layak, yang merupakan alat analisis kelayakan usaha UMKM dan merupakan platform untuk menjembatani pelaku UMKM mengikuti pelatihan seputar dunia usaha.

Aribowo menyebut, UMKM Layak sebagai layanan akses keuangan UMKM, merupakan sebuah platform digital yang dibuat dengan tujuan mengakomodir kebutuhan UMKM. Yaitu, kebutuhan untuk mengakses modal usaha UMKM dan kebutuhan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan.

“Dalam membantu UMKM mengakses pembiayaan, platform UMKM Layak menjembatani antara UMKM yang memerlukan pembiayaan dengan lembaga keuangan yang menyalurkan pembiayaan UMKM,” kata Aribowo.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi