Senin, 22/04/2024 - 19:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Sulteng Harap Parigi Moutong Konsisten Ekspor Durian

ADVERTISEMENTS

Pedagang durian montong menunggu pembeli di salah satu ruas jalan di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (6/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

PALU — Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengharapkan Kabupaten Parigi Moutong konsisten memasok buah durian ke pasar ekspor, karena kualitas durian daerah itu sangat diminati pasar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Parigi Moutong salah satu daerah sentra durian di Sulteng. Olehnya pemerintah kabupaten setempat perlu memanfaatkan potensi ini untuk mengembangkan komoditas unggulan,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPH) Sulteng Nelson Metubun di Palu, Ahad (25/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Menparekraf Ingin Industri film Tingkatkan Ekonomi Kreatif Nasional

Ia menjelaskan, sebagai bentuk komitmen Pemprov Sulteng mengemukakan komoditas durian di daerah sentra maupun penyanggah, pihaknya pada 2023 telah menyalurkan benih durian kepada petani di sejumlah kabupaten untuk memenuhi kebutuhan 1.000 hektare. Bibit yang disalurkan adalah varietas unggul, diantaranya Musangking dan Montong. Di Parigi Moutong varietas Montong sangat terkenal, dan pengembangan Musangking juga terus dilakukan.

ADVERTISEMENTS

Parigi Moutong memiliki lahan produktif khusus pertanian durian seluas 3.833 hektare dengan jumlah produksi per tahun mencapai 305.419 ton. “Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) meminta Pemprov Sulawesi Tengah menyediakan lahan 3.000 hektare untuk pengembangan durian. Artinya, Pemerintah Pusat memperhitungkan kualitas durian di daerah ini,” kata Nelson.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Pekerja Rentan Harus Mendapatkan Perlindungan Sosial Ketenagakerjaan

 

Ia juga mengapresiasi Badan Karantina (Barantan) Indonesia yang menyatakan kesiapan memfasilitasi akses pasar ekspor durian asal Sulteng ke China. Pasar China sangat berminat dengan produk Sulteng, khususnya varietas durian Montong. Parigi Moutong saat ini juga telah melakukan kegiatan ekspor ke Thailand.

“Kami berharap pemerintah daerah setempat dapat mengembangkan lahan pertanian durian sebagai bagian dari langkah mempertahankan konsistensi,” ujarnya.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi