Rabu, 24/04/2024 - 15:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Mahasiswa Malaysia Kunjungi Program CSR Pertamina Patra Niaga JBB  

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Mahasiswa Universiti Teknologi MARA Malaysia dan Universitas Buana Perjuangan Pesona mengunjungi Walahar Creative Destination (Nawacita), yang merupakan program pemberdayaan masyarakat (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional JBB Eko Kristiawan dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan Nawacita merupakan program CSR berbasis edu-ekowisata dan energi terbarukan dengan pemberdayaan ekonomi pemuda dan masyarakat rentan, yang berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif, potensi desa wisata, serta memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dalam agenda pengabdian masyarakat dan kunjungan UMKM ke program Nawacita di Kabupaten Karawang, Jabar, Sabtu (24/2/2024), sebanyak 30 orang mahasiswa dan dosen pendamping mendapatkan penjelasan terkait penggunaan energi bersih melalui panel surya dan biogas sebagai energi alternatif untuk mendukung keberlangsungan kegiatan UMKM, yang berada di Danau Cinta.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Para mahasiswa juga diajak berkeliling mengunjungi UMKM yang ada di program Nawacita serta membuat kerajinan dari enceng gondok. “Kunjungan ke Nawacita ini sangat menarik dan menyenangkan karena bisa melihat langsung kegiatan UMKM yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. Walaupun cuacanya cukup panas, namun kawasan Danau Cinta sangat cantik,” ungkap Nurul Syazwani, mahasiswa Universiti Teknolgi MARA Malaysia.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Antusiasme Wisatawan Tinggi, Tari Kecak di Uluwatu Tampil Dua Kali Sehari

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Wakil Rektor IV Universitas Buana Perjuangan Puji Isyanto mengatakan kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan student exchange Universiti Teknologi MARA Malaysia dengan Universitas Buana Perjuangan.

“Para mahasiswa dapat melihat langsung kegiatan UMKM di Danau Cinta. Kita dapat melihat bagaimana UMKM dapat berkembang dengan memanfaatkan potensi yang ada dan dukungan berbagai pihak termasuk Pertamina dan diharapkan dapat memperoleh masukan positif untuk menambah pengetahuan,” ujarnya.

Sementara itu, Aisyah, dosen pendamping Universitas Teknologi MARA, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja sama dengan Universitas Buana Perjuangan, yang bertujuan melihat praktik kewirausahaan di Indonesia.

Berita Lainnya:
Pertamina Tambah Pasokan Gas LPG 3 Kilogram Jelang Lebaran

“Saya berharap dapat berkunjung lagi ke Danau Cinta yang tempatnya sangat cantik, nyaman, dan menarik dengan dikelilingi pemandangan area persawahan serta tersedia berbagai variasi makanan yang menjadi pusat kegiatan UMKM, dan juga terdapat hasil kerajinan masyarakat sekitar Danau Cinta sebagai daya tarik utama,” ucapnya.

Eko menambahkan sejalan dengan visi Pertamina Patra Niaga untuk menjadi perusahaan berkelanjutan, kegiatan yang ada dalam program Nawacita ini turut berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs) poin 1 yakni tanpa kemiskinan dan poin 13 yaitu penanganan perubahan iklim dengan produk-produknya yang berbasis alam dan ramah lingkungan.

“Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission pada 2060 dengan terus mendorong program-program, yang berdampak langsung pada capaian SDGs dan sejalan dengan penerapan Environmental, Social, Governance (ESG) di semua lini bisnis dan operasi Pertamina,” sebutnya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi