Jumat, 14/06/2024 - 18:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Wacana KUA Layani Semua Agama, Yaqut Sebut Beri Kemudahan Warga Negara

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, rencana layanan Kantor Urusan Agama (KUA) yang akan dijadikan sebagai tempat pencatatan pernikahan bagi semua agama dilakukan untuk memberikan kemudahan. Pasalnya, selama ini, pemeluk agama non-Islam mencatatkan pernikahannya di catatan sipil.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Selama ini kan saudara-saudara kita non-Islam mencatatkan pernikahannya di catatan sipil. Kan gitu. Kita kan ingin memberikan kemudahan. Masak ga boleh memberikan kemudahan kepada semua warga negara?” kata Yaqut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Yaqut ingin menjadikan KUA sebagai tempat yang bisa digunakan oleh semua pemeluk agama untuk melakukan proses pernikahan. “Karena KUA ini adalah etalase Kementerian Agama ya. Kementerian agama kan Kementerian untuk semua agama, KUA juga memberikan pelayanan keagamaan pada umat agama non-Islam,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Budi Karya Minta Anggaran Kemenhub 2025 Ditambah Rp 15,75 triliun

Saat ini, kata Yaqut, rencana transformasi KUA bagi semua pemeluk agama itupun sedang dibahas lebih lanjut. Seluruh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) baik Islam maupun non-Islam sudah melakukan pertemuan membahas mekanisme, regulasi, dan teknis penyesuaian implementasi dari gagasan tersebut.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Namun demikian, ia menegaskan, proses transformasi KUA ini tidak akan dilakukan secara terburu-buru. Dia akan membicarakannya dengan seluruh jajaran di Kemenag.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Ini kan gagasan yang kita lontarkan untuk segera di-ollow up. Kemarin semua dirjen, mulai dari dirjen bimas Islam dan dirjen bimas non-Islam semua sudah ketemu. Mereka sudah bicara mekanismenya, regulasinya, dan seterusnya dengan penyesuaian-penyesuaian. Jangan buru-buru, tenang aja, nanti kita akan sampaikan,” kata Yaqut.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Basarnas Evakuasi Warga Negara Filipina Alami Kecelakaan di Kapal

Adik Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf pun optimistis gagasan KUA untuk semua pemeluk agama itu bisa diimplementasikan demi kebaikan semua warga negara. “Saya sih optimislah kalau untuk kebaikan untuk semua warga bangsa, kebaikan seluruh umat agama, mau merevisi undang-undang atau apa pun saya kira orang akan memberikan dukungan,” kata Yaqut.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَلَقَدْ عَلِمْتُمُ الَّذِينَ اعْتَدَوْا مِنكُمْ فِي السَّبْتِ فَقُلْنَا لَهُمْ كُونُوا قِرَدَةً خَاسِئِينَ البقرة [65] Listen
And you had already known about those who transgressed among you concerning the sabbath, and We said to them, "Be apes, despised." Al-Baqarah ( The Cow ) [65] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi