Senin, 22/04/2024 - 18:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Israel Kirim Laporan ke ICJ

ADVERTISEMENTS

Warga Palestina berjalan di sepanjang jalan Al Rashid setelah menyeberang dari Jalur Gaza Utara ke Selatan Kota Gaza, Ahad (25/2/2024). Sejak 7 Oktober 2023, sebanyak 1,9 juta orang telah mengungsi di seluruh Jalur Gaza. Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) menyatakan sebagian besar warga sipil di Gaza sangat membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

YERUSALEM — Pejabat Israel mengatakan Israel mengirimkan laporan ke Mahkamah Internasional (ICJ) mengenai langkah-langkah yang dilakukan untuk memenuhi putusan sementara. ICJ memerintahkan Israel mengambil tindakan untuk mencegah genosida di Gaza.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pada Selasa (27/2/2024), pejabat tersebut tidak mengungkapkan isi laporan tersebut. Laporan itu diserahkan beberapa jam sebelum tenggat waktunya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Laporan: Abaikan Permintaan untuk tidak Serang Iran, Israel Permalukan AS

Bulan lalu, ICJ yang juga dikenal sebagai Pengadilan Dunia memerintahkan Israel untuk menahan diri dari semua tindakan yang dapat melanggar Konvensi Genosida. ICJ juga meminta Israel memastikan pasukannya tidak melakukan tindakan genosida terhadap rakyat Palestina di Gaza.

ADVERTISEMENTS

Putusan ini dikeluarkan dalam sidang kasus yang diajukan Afrika Selatan yang menuduh Israel melakukan genosida di Gaza. Israel dan sekutu-sekutunya di Barat menggambarkan tuduhan itu tanpa dasar.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dalam putusannya ICJ mengatakan Israel harus mencegah dan menghukum setiap penghasutan untuk melakukan genosida terhadap rakyat Palestina di Gaza dan menjaga bukti-bukti yang berkaitan mengenai setiap tuduhan genosida di sana.

Berita Lainnya:
Israel Konfirmasi Tewaskan Komandan Hamas Lewat Serangan Udara di Gaza

Pengadilan juga mengatakan Israel harus mengambil langkah untuk meningkatkan situasi kemanusiaan bagi rakyat sipil Palestina di Gaza. Butuh waktu bertahun-tahun sampai putusan hasil kasus ini diputuskan.

Serangan Israel di Gaza sebagai pembalasan atas serangan mendadak Hamas pada 7 Oktober lalu. Israel mengklaim Hamas membunuh 1.200 orang dan menculik 250 lainnya dalam serangan tersebut.

Sudah memasuki bulan keempat, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan serangan Israel sudah menewaskan hampir 30 ribu rakyat Palestina di Gaza. Memaksa sebagian besar dari 2,3 juta populasinya mengungsi, memicu kelaparan dan wabah penyakit dan menghancurkan sebagian besar wilayah itu.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi