Jumat, 03/05/2024 - 10:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Diisukan Minta 5 Kursi Menteri, Golkar: Jika Benar, Ada Kalkulasi Politiknya

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Firman Soebagyo mengaku tak tahu adanya kabar yang menyebut partainya akan mendapatkan lima kursi menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Namun jika benar, tentu ada kalkulasi politik yang membuat partai berlambang pohon beringin itu mendapatkan kursi-kursi tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Ia mengatakan, kalkulasi politik pertama adalah saat Partai Golkar-lah yang pertama mendeklarasikan Gibran sebagai calon wakil presiden (cawapres). Menurutnya, Gibran menjadi salah satu faktor Prabowo memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Pertimbangan-pertimbangan itu kan, pertama memang Golkar ini kan kemarin dalam prosesnya mencalonkan juga salah satunya yang menjadi poin kemenangan ini kan Mas Gibran diusung oleh Golkar,” ujar Firman di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (18/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kedua, Partai Golkar diyakininya menjadi pemenang kedua pemilihan legislatif (Pileg) 2024. Terdapat peluang partai berlambang pohon beringin itu mendapatkan lebih dari 100 kursi di DPR.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Konsumen Didukung untuk Mendapatkan Edukasi Risiko Produk

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Dan Alhamdulillah untuk nanti ke depan di legislatif ini kan Golkar mendapatkan posisi kursi yang cukup signifikan perubahannya. Jadi ini ada kalkulasi politik tentunya, nah kalkulasi politik ini yang mungkin direpresentasikan,” ujar Firman.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kendati demikian, ia menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada pembicaraan terkait kabinet antara Prabowo dengan ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju. Di samping, penyusunannya juga merupakan hak prerogatif Prabowo.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Tentunya itu nanti akan menjadi domainnya Pak Ketua Umum dengan presiden terpilih,” ujar anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR itu.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo hingga saat ini belum membahas soal susunan kabinet. Kendati begitu, Prabowo dipastikan bakal mempertimbangkan untuk menunjuk beberapa menteri pembantu Presiden Jokowi untuk menjabat kembali.

“Tentu saja presiden terpilih (Prabowo) akan perhatikan kinerja dari Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin yang dianggap masih cukup kapabel dan cukup layak untuk bisa dilanjutkan dalam kerja sama dengan Prabowo-Gibran,” ujar Muzani kepada wartawan di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024) malam.

Berita Lainnya:
Jika Boleh Lanjutkan Perubahan, Anies Terima Tawaran Menteri

Kendati begitu, Muzani mengaku belum tahu siapa saja menteri Kabinet Jokowi yang akan dipertimbangkan masuk kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Lagi pula, Muzani mengaku tak punya hak berbicara soal kursi menteri. “Itu hak prerogatif presiden terpilih,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Muzani juga menegaskan daftar calon menteri kabinet Prabowo-Gibran yang beredar di media sosial dalam beberapa hari terakhir tidak benar. Dia menyebut, Informasi tersebut hanyalah berupa spekulasi orang-orang karena memang Prabowo belum membahas susunan kabinet.

“Pak Prabowo dan Mas Gibran masih menunggu keputusan real count dari KPU yang merupakan lembaga yang memiliki kewenangan untuk menetapkan capres dan cawapres untuk menjadi pemenang pemilu. Setelah itu, saya kira Pak Prabowo baru memikirkan yang lain-lain,” ucap Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran itu.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi