Sabtu, 27/07/2024 - 09:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Negara Mana Saja yang Setop dan Tetap Ekspor Senjata ke Israel?

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

OTTAWA – Kian memburuknya situasi di Gaza akibat serangan militer Israel memicu sejumlah negara pengekspor senjata berubah haluan. Mereka menghentikan ekspor ke Israel karena khawatir senjata itu digunakan Israel membantai warga Gaza. 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Kanada dalam pernyataannya, Rabu (20/3/2024) menegaskan tak meloloskan izin ekspor senjata ke Israel sejak 8 Januari tahun ini. ’’Kanada salah satu rezim izin ekspor paling teliti di dunia. Tak ada izin ekspor barang berbahaya ke Israel,’’ demikian pernyataan Kanada.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Kantor Menlu Kanada Melanie Joly menambahkan, izin ekspor yang disetujui sebelum 8 Januari tetap berlaku. Pembekuan berlanjut hingga Ottawa yakin senjata itu digunakan sesuai dengan hukum yang berlaku di Kanada.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Aturan di Kanada melarang ekspor senjata jika diyakini akan digunakan dalam pelanggaran serius hukum humaniter internasional atau kekerasan serius terhadap perempuan dan anak-anak. Lainnya, apakah senjata itu menghadirkan perdamaian dan keamanan atau sebaliknya. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Di sisi lain, pertimbangan pelarangan ekspor ini juga soal keberlanjutan pemerintahan dalam negeri. Pemerintah minoritas yang dipimpin Partai Liberal bergantung pada dukungan partai kiri, New Democrats yang menyerukan sikap lebih keras terhadap Israel atas serangan ke Gaza. 

Berita Lainnya:
BP Tapera Catat Realisasi Pembiayaan per Juni 2024 Capai 2.558 Unit dan FLPP 107.070 Unit
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Kanada memang mengekspor dalam jumlah kecil senjata ke Israel tetapi langkahnya dianggap penting. Pekan lalu mereka mengisyaratkan menghentikan ekspor peralatan militer tak mematikan sejak Januari karena perubahan cepat situasi di Gaza. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Awal Maret lalu, kelompok pro-Palestina dan para pengacara HAM mengajukan gugatan untuk menghentikan Pemerintah Kanada mengekspor peralatan dan teknologi militer ke Israel. Sejak perang 7 Oktober 2024, nilai eskpor senjata Kanada ke Israel naik. 

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Paling tidak Kanada telah mengizinkan izin ekspor baru senilai 28,5 juta dolar kanada atau 21 juta dolar AS. Nilainya lebih tinggi dibandingkan izin ekspor tahun sebelumnya. Lalu, negara mana lagi yang bersikap sama dengan Kanada?

Di Belanda, pengadilan memberikan waktu sepekan untuk memblokir semua ekspor suku cadang pesawat tempur F-35. Israel menggunakan pesawat tempur ini untuk mengebom Gaza. Hingga kini lebih dari 30 ribu warga sipil Gaza meninggal akibat serangan udara Israel.

Berita Lainnya:
Semester I 2024, BTN Syariah Bukukan Lonjakan Laba Bersih Hingga Rp 370 Miliar

Putusan pengadilan ini bermula dari gugatan yang didaftarkan organisasi kemanusiaan Belanda, Oxfam Novib, PAX Netherlands Peace Movement Foundation, The Rights Forum yang menentang ekspor suku cadang F-35 yang dilakukan  Pemerintah Belanda ke Israel. 

‘’Tak bisa disangkal jelas terlihat risiko dalam mengekspor suku cadang F-35 yakni bisa saja pesawat ini digunakan dalam pelanggaran hukum kemanusiaan internasional,’’ demikian pernyataan yang disampaikan pengadilan seperti dilansir laman Aljazirah

Di Belgia, terdapat  menangguhkan dua izin ekspor bubuk mesiu ke Israel pada 6 Februari lalu. Pemerintah merujuk pada putusan awal International Court of Justice (ICJ) yang menyatakan Israel kemungkinan melakukan genosida di Gaza. 

Secara terpisah, perusahaan berbasis di Jepang, yakni Itochu Corporation pada 5 Februari menyatakan akan mengakhiri kemitraan dengan pembuat senjata asal Israel, Elbit Systems pada akhir bulan tersebut. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَتَرَى الشَّمْسَ إِذَا طَلَعَت تَّزَاوَرُ عَن كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَإِذَا غَرَبَت تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِي فَجْوَةٍ مِّنْهُ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ۗ مَن يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ ۖ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُّرْشِدًا الكهف [17] Listen
And [had you been present], you would see the sun when it rose, inclining away from their cave on the right, and when it set, passing away from them on the left, while they were [laying] within an open space thereof. That was from the signs of Allah. He whom Allah guides is the [rightly] guided, but he whom He leaves astray - never will you find for him a protecting guide. Al-Kahf ( The Cave ) [17] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi