Kamis, 30/05/2024 - 17:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BOLALIGA SPANYOL

Dani Alves Dibebaskan dari Penjara dengan Jaminan, Tunggu Banding Vonis Kasus Pemerkosaan

 JAKARTA —  Bintang sepak bola Brasil Dani Alves dibebaskan dari penjara pada Senin (25/3/2024) setelah membayar jaminan sebesar 1 juta euro atau sekira Rp 17 miliar. Ia dibebaskan sambil mengajukan banding atas hukuman pemerkosaan, kata pengadilan Spanyol, dikutip AP, Senin (25/3/2024).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Mantan pemain Barcelona itu juga menyerahkan paspornya, tapi jaksa penuntut menolak melepaskannya dengan jaminan karena kemungkinan risiko penerbangan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Alves pada bulan lalu dinyatakan bersalah karena memperkosa seorang wanita di klub malam pada Desember 2022. Ia dijatuhi hukuman empat tahun enam bulan penjara. Dia membantah melakukan kesalahan selama persidangan tiga hari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Alves, 40 tahun, yang meninggalkan gedung pengadilan dengan mengenakan jeans dan jaket hitam di atas kemeja putih, telah menghabiskan 14 bulan terakhir di penjara Brians II yang terletak 45 menit dari Barcelona. Ini terhitung ​​sejak ia ditahan secara preventif oleh pihak berwenang yang menyelidiki tuduhan pemerkosaan tersebut. 

Alves tidak diperbolehkan meninggalkan Spanyol dan dilarang mendekati atau berkomunikasi dengan korban.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Pembebasan Alves bertepatan dengan protes di luar Brians II oleh petugas penjara yang menuntut kondisi yang lebih baik di penjara-penjara di timur laut Katalunya. Tuntutan tersebut menyusul pembunuhan seorang juru masak penjara oleh seorang narapidana di penjara lain.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
Real Madrid Kalahkan Cadiz 3-0, di Ambang Juara La Liga Spanyol

Alves diharuskan datang ke pengadilan setiap Jumat, dan waktu lain jika diperintahkan. Ia juga wajib memberikan nomor telepon agar dapat dihubungi dan ditemukan lokasinya. Pemain asal Brazil tidak diperbolehkan berada dalam jarak 1 kilometer (0,6 mil) dari tempat tinggal korban, tempat kerja atau lokasi lain yang biasa ia kunjungi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pekan lalu, pengadilan memberinya kemungkinan untuk keluar dari penjara dengan jaminan setelah semua permintaan sebelumnya ditolak karena dia dianggap berisiko melarikan diri. Para hakim berbeda pendapat 2-1 mengenai keputusan pekan lalu, dan mereka yang mendukung pemberian jaminan kepada Alves mengatakan mereka yakin risiko meloloskan diri telah berkurang.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Kantor kejaksaan Spanyol di Barcelona pada Jumat meminta pengadilan untuk mempertimbangkan kembali keputusan tersebut, dengan mengatakan mereka yakin risiko Alves melarikan diri meningkat setelah dia dinyatakan bersalah. Mereka ingin Alves tetap dipenjara sambil menunggu bandingnya.

ADVERTISEMENTS

Jaksa juga mengingatkan pengadilan bahwa Brasil tidak mengekstradisi warganya ketika mereka dijatuhi hukuman di negara lain.

Berita Lainnya:
Julen Lopetegui Terima Persyaratan West Ham untuk Gantikan David Moyes 

Belum ada tanggal yang ditetapkan untuk sidang banding di pengadilan yang lebih tinggi di Barcelona. Setelah itu, kasusnya bisa dibawa ke Mahkamah Agung Spanyol di Madrid. Pengacara Alves mengupayakan pembebasannya sementara jaksa ingin hukuman penjaranya ditingkatkan menjadi sembilan tahun. Pengacara korban menginginkan dia dipenjara selama 12 tahun.

Alves adalah salah satu pemain tersukses di generasinya dan memenangkan puluhan gelar bersama klub elit termasuk Barcelona, ​​​​Juventus, dan Paris Saint-Germain. Dia juga membantu Brasil memenangkan dua Copa America dan satu medali emas Olimpiade pada usia 38 tahun. Dia bermain di Piala Dunia ketiganya, satu-satunya gelar besar yang belum dia menangkan, pada tahun 2022. Dia bermain untuk Barcelona dari 2008-16, membantu untuk menang  tiga Liga Champions dan enam Liga Spanyol, dan sempat bergabung kembali dengan klub pada tahun 2022. Ia masih memiliki tempat tinggal di dekat kota ini.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi