Kamis, 30/05/2024 - 00:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Mahasiswa UNY Ungkap Pengalamannya Mengikuti MSIB

Ilustrasi kegiatan mahasiswa magang.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

 SLEMAN — Mahasiswa prodi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY, Alifia Putri Nur Aisyah mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di PT. Bank BTPN Syariah bagian Fasilitator Pendamping. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Adapun alasan yang melatarbelakanginya dirinya mengikuti program magang MSIB tersebut yakni adanya keinginan untuk mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang bermitra dengan Kemendikbudristek.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Sekaligus mempraktikkan materi-materi kuliah yang sudah saya dapatkan selama 5 semester, dan tentunya untuk membuka jaringan relasi seluas-luasnya dengan para mahasiswa peserta MSIB di seluruh Indonesia dan perusahaan mitra tempat saya magang” kata Alifia dalam keterangannya, Selasa (26/3/2024).

Alifia menjelaskan Fasilitator Pendamping bertugas untuk melakukan pendampingan usaha kepada nasabah BTPN Syariah dari masyarakat prasejahtera produktif pelaku usaha mikro melalui kegiatan pemberdayaan guna meningkatkan skill nasabah dalam menjalankan usahanya agar dapat berkembang secara berkelanjutan dan memperluas jaringan pasar usaha. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Ahli Waris Karyawan BTPN Syariah dapat Santunan dari BPJS Ketenagakerjaan

 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Pelaksanaan pendampingan usaha dilakukan sebanyak 4 sesi dimana dalam 1 sesi terdapat 4 pertemuan pendampingan meliputi asessment usaha nasabah, penyampaian materi, review/praktek usaha, dan penutupan. Daftar nasabah dan materi-materi pendampingan usaha telah ditentukan oleh admin di aplikasi Kita Bestee. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Selama menjadi Fasilitator Pendamping yang bekerja di lapangan, dirinya mengaku suka dengan tugasnya tersebut karena dapat berkenalan dengan ibu-ibu nasabah dan berbagi pengalaman usaha bersama mereka.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

“Yang utama bahkan berkesempatan melatih keterampilan komunikasi khususnya dengan bahasa daerah agar lebih mudah diterima nasabah,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Adapun dukanya bekerja sebagai Fasilitator Pendamping cukup melelahkan karena harus berpindah-pindah dari rumah nasabah satu ke yang lainnya. Belum lagi ketika harus berhadapan dengan sistem aplikasi yang error dan nasabah yang sulit ditemui. 

Berita Lainnya:
Cyber University Gelar Workshop Edutrend, Ajarkan Penggunaan AI Untuk Tenaga Pendidik

Namun Alifia dibantu oleh para CO khususnya dalam mendapatkan informasi nasabah yang akan mendapatkan pendampingan usaha. Alifia berharap keikutsertaannya dalam program MSIB dapat memberi kesiapan yang cukup untuk memasuki dunia kerja melalui pengembangan softskill yang ditekankan selama mengikuti program ini. 

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) pada tahun 2020. Tujuan program ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar program studi mereka di kelas.

Program MSIB menawarkan dua jenis program yaitu Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi