Kamis, 30/05/2024 - 13:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

ICMI: UMKM Beri Kontribusi Signifikan Bagi PDB dan Penyerapan Tenaga Kerja

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Profesor Arif Satria, dalam sambutannya menyatakan pentingnya UMKM bagi perekonomian nasional.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

JAKARTA — Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan penyumbang kontribusi signifikan bagi peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia, demikian dikatakan Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Profesor Arif Satria, dalam sambutannya secara daring pada pembukaan seminar bertajuk “Bedah Akad Syariah” pada Kamis (28/3/2024) di Aula Universitas Yarsi, Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Harus kita akui, bahwa UMKM berkontribusi signifikan dalam PDB dan penyerapan tenaga kerja, meskipun masih memiliki tantangan dalam ekspor,” ujar Arif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Dalam sambutan tersebut, Arif menekankan urgensi peningkatan kualitas pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk mencapai status negara besar. Dirinya juga mendorong agar UMKM Indonesia menjadi pemain global dan menjadi fondasi yang kokoh bagi ketahanan ekonomi nasional.

Berita Lainnya:
Soal Tapera, GAPMMI: Jangan Tambah Beban Pelaku Usaha dan Pekerja

Karena itu, Arif berharap acara yang merupakan hasil kerjasama antara Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK ICMI) dengan Lembaga Pengembangan UMKM Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan dihadiri oleh lebih dari 180 peserta dari seluruh Indonesia itu akan menjadi momentum penting dalam memperkuat peran UMKM dalam transformasi ekonomi nasional.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Acara Bedah Akad Syariah ini merupakan langkah konkret dalam mendukung pengembangan UMKM berbasis Syariah dan menunjukkan komitmen Pinbuk ICMI dan LP UMKM PP Muhammadiyah dalam memajukan ekonomi umat di Indonesia,” terangnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Anggota DPRA Minta DKP Aceh Berkolaborasi Dengan UMKM

Arif juga menjelaskan tentang pentingnya lembaga pembiayaan, seperti BMT, BPRS, dan lembaga keuangan syariah, dalam menopang keberhasilan UMKM. “ICMI berharap kerja sama antara LP UMKM PP Muhammadiyah dan ICMI ini dapat terus memperkuat kapasitas dan sumber daya manusia UMKM untuk masa depan yang lebih baik,” ujar Arif.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

ICMI akan selalu hadir untuk memberikan solusi dan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia. ICMI yang berlandaskan ke-Islaman dan ke-Indonesiaan berbasis kecendekiaan akan selalu berperan aktif mendorong kebaikan untuk bangsa dan negara.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi