Kamis, 30/05/2024 - 08:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

AS Bantah Tudingan Rusia Terkait Teror Moskow

Sejumlah orang meletakan bunga usai mengikuti upacara dan doa untuk mengenang korban tewas dalam insiden penembakan penonton konser di Kedutaan Besar Rusia, Jakarta, Jumat (29/3/2024). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas dan belasungkawa atas insiden penembakan massal yang terjadi di sebuah acara musik di gedung konser Crocus City Hall di Krasnogorsk, pinggiran barat Moskow beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

 WASHINGTON — Gedung Putih pada Kamis dengan tegas membantah tudingan Rusia bahwa AS atau Ukraina berperan dalam serangan teror di gedung konser dekat Moskow, dan mengatakan mereka memberikan peringatan tertulis kepada Kremlin tentang kemungkinan serangan itu sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby menyebut klaim tersebut “omong kosong” dan “propaganda”, serta mengatakan bahwa Rusia berusaha mengalihkan kesalahan ke “semua orang yang sesuai dengan narasi politik mereka.”

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Akhirnya Penuhi Panggilan KPK

Dia mengatakan selain peringatan publik pada 7 Maret oleh Kedutaan Besar AS di Moskow, yang “secara akurat mengidentifikasi ancaman teroris ke konser di Moskow,” AS “mencoba membantu mencegah serangan teroris” dengan memberikan “informasi jelas dan rinci” kepada Kremlin melalui peringatan tertulis kepada Badan Keamanan Rusia.

“Kami memberikan informasi ini kepada Rusia karena AS sangat serius dalam memberikan peringatan. Kami tidak ingin melihat nyawa orang-orang tak berdosa hilang dalam serangan teroris, dan peringatan ini merupakan salah satu dari banyak hal yang disampaikan pemerintah AS ke Rusia sejak September 2023,” kata Kirby.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“ISIS bertanggung jawab penuh atas serangan ini. AS akan terus waspada dan memperingatkan pemerintahan di seluruh dunia setiap kali kami mengetahui rencana teror, terlepas dari hubungan kita,” katanya menambahkan, merujuk pada kelompok teror Daesh atau ISIS.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
Perlawanan Berlanjut, Houthi Sebut 112 Kapal Israel dan Sekutunya Berhasil Dihadang

Sejumlah orang bersenjata pada Jumat melepaskan tembakan ke arah para penonton konser di Balai Kota Crocus dekat Moskow. Pihak berwenang mengonfirmasi bahwa 143 orang tewas, dan lebih dari 360 lainnya luka-luka.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Daesh atau ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Kremlin berusaha menyalahkan AS dan Ukraina atas serangan tersebut. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Kepala Badan Keamanan Federal (FSB) Alexander Bortnikov menuding AS, Inggris dan Ukraina berada di balik serangan pada pekan lalu tersebut.

ADVERTISEMENTS

“Saya dapat dengan pasti mengatakan ada alasan politik. Dan kelompok Islamis sendiri tidak dapat mempersiapkan tindakan seperti ini. Tentu, mereka dibantu. Dan kami melihat jejak Ukraina dalam serangan ini. Data primer yang kami terima dari para tahanan mengonfirmasi hal tersebut,” katanya kepada wartawan.

sumber : Antara/Anadolu

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi