Selasa, 28/05/2024 - 10:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Antam Cetak Laba Rp 3,08 Triliun, Aset Tumbuh 27 Persen

 JAKARTA — PT Aneka Tambang Tbk (Antam), anggota Holding BUMN Tambang PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (Mind ID) mengumumkan capaian kinerja keuangan positif  sepanjang 2023. Perseroan menyatakan, capaian tersebut dapat diraih melalui pengendalian biaya, serta optimalisasi kinerja produksi dan penjualan produk dari komoditas utama berbasis nikel, emas, dan bauksit di tengah tantangan global yang mempengaruhi fluktuasi harga komoditas.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Dikutip dari keterangan resmi perseroan, Sabtu (30/3/2024), performa profitabilitas Antam tecermin dari capaian laba tahun berjalan yang mencapai Rp 3,08 triliun. Optimalisasi tingkat produksi dari penjualan komoditas utama Antam mendukung capaian Ebitda yang mencapai Rp 6,55 triliun.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Antam dapat menjaga profitabilitas capaian laba kotor 2023 sebesar Rp 6,31 triliun dan laba usaha 2023 sebesar Rp 2,62 triliun. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Kontainer Menumpuk di Pelabuhan, Relaksasi Kebijakan Pembatasan Barang Impor Diberikan

Dari sisi posisi keuangan perusahaan, Antam mampu memperkuat struktur keuangan yang tecermin dari nilai ekuitas konsolidasian sebesar Rp 31,17 triliun, tumbuh 31 persen dibandingkan nilai ekuitas pada 2022.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

 

Pada 2023, perusahaan juga mampu menurunkan tingkat pinjaman berbunga yang terdiri dari pinjaman bank jangka pendek dan pinjaman investasi sebesar total Rp 2,5 triliun. Angka itu turun 17 persen atau sebesar Rp 501 miliar dari posisi pinjaman pada akhir tahun sebelumnya sebesar Rp 3 triliun. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Capaian penurunan tingkat pinjaman berbunga konsolidasian Antam tahun 2023 didukung oleh strategi optimalisasi idle cash dan upaya penurunan beban bunga pinjaman. Tercatat sepanjang 2023, total aset perusahaan mencapai Rp 42,85 triliun. Angka itu tumbuh 27 persen jika dibandingkan aset pada 2022 yang sebesar Rp 33,64 triliun.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Insiden Mesin Pesawat Terbakar, Komnas Haji Desak Kemenhub Inspeksi Garuda

Sepanjang 2023, Antam mencatatkan nilai penjualan bersih sebesar Rp 41,05 triliun dengan kontribusi dominan berasal dari penjualan domestik yang mencapai 86 persen. Hal tersebut sejalan dengan strategi perusahaan untuk memperkuat basis pelanggan di dalam negeri pada produk-produk emas, bijih nikel, dan bijik bauksit. 

ADVERTISEMENTS

Produk emas menjadi kontributor terbesar penjualan Antam dengan proporsi 64 persen terhadap total penjualan Antam. Pada 2023, Antam mencatatkan total volume produksi logam emas dari tambang perusahaan sebesar 1,21 ton, sementara penjualan logam emas pada 2023 sebesar 26,13 ton.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi