Minggu, 26/05/2024 - 21:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Belum Jadi Program Nasional, Pemprov DKI Jakarta tak Siapkan Vaksin DBD

Petugas melakukan pengasapan (fogging) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (22/5/2023). Pengasapan tersebut dilakukan untuk memastikan lokasi yang akan ditempati calon jamaah haji bebas dari nyamuk yang menyebarkan wabah penyakit.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya untuk melakukan penanganan kasus demam berdarah dengue (DBD). Pasalnya, saat ini masih banyak kasus DBD yang ditemukan di wilayah DKI Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan untuk menangani DBD adalah melakukan vaksinasi. Namun, karena belum menjadi program nasional, vaksinasi DBD tak harus dilakukan.

Berita Lainnya:
Ini Saluran Bagi Warga Jakarta Laporkan Juru Parkir Liar Khususnya di Minimarket

“Prinsipnya vaksin untuk mencegah dengue memang sudah ada, tetapi belum menjadi program nasional (jadi) menjadi pilihan kepada masyarakat,” kata dia, Senin (1/4/2024).

Ia menambahkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga telah menyampaikan bahwa vaksin DBD bisa menjadi pilihan bagi warga, apabila warga sudah siap secara mandiri. Namun, vaksinasi DBD belum menjadi program nasional.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Widyastuti mengatakan saat ini Pemprov DKI Jakarta belum akan fokus untuk melakukan vaksinasi DBD. Namun, pihaknya terus melakukan kegiatan intervensinya melalui promotif, kuratif, preventif, dan rehabilitatif

Berita Lainnya:
Cabuli Istri Tetangga, Kakek 71 Tahun Asal Way Kanan, Lampung, Ditangkap Polisi

Ia menjelaskan langkah promotif yang dilakukan adalah melakukan edukasi berbagai media, termasuk lembaga keagamaan untuk juga menyampaikan terkait tata cara pencegahan demam berdarah. Selain itu, upaya preventif dilakukan dengan PSN 3M dan program jumantik yang tersebar di semua RT di Jakarta sebanyak sekitar 30 ribu.

ADVERTISEMENTS

“Jumantik yang ada di wilayah kerja RT yang sifatnya menjadi motivator dan memonitor bagaimana gerakan PSN di Jakarta,” kata dia.

ADVERTISEMENTS

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi