Sabtu, 25/05/2024 - 09:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Presiden Xi Jinping Berdialog dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto

JAKARTA — Presiden Cina Xi Jinping mengadakan pembicaraan dengan Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, di Aula Besar Rakyat Beijing pada 1 April 2024.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Prabowo yang terpilih menjadi Presiden Indonesia dan memintanya menyampaikan salam tulus dan harapan terbaiknya kepada Presiden Jokowi. Xi Jinping menunjukkan bahwa dalam 10 tahun terakhir, Presiden Jokowi dan dirinya bersama-sama memimpin perkembangan hubungan kedua negara yang komprehensif dan pesat dan mencapai hasil yang signifikan.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Kereta cepat Jakarta-Bandung telah menjadi tanda emas dari pembangunan tinggi. kerja sama yang berkualitas antara kedua negara, dan hubungan Cina-Indonesia telah memasuki tahap baru dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama. Cina memandang hubungan dengan Indonesia dari sudut pandang strategis dan jangka panjang, dan bersedia memperdalam kerja sama strategis menyeluruh dengan Indonesia.

Juga membangun komunitas Cina-Indonesia membangun masa depan bersama dengan mewarnai dinamika regional dan global, sehingga dapat memberikan lebih banyak manfaat kepada kedua bangsa. Kerja sama keduanya juga memberikan kontribusi terhadap perdamaian dan pembangunan dunia. Memberikan kontribusi positif terhadap stabilitas dan kemakmuran.

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Xi Jinping menekankan bahwa kunci pencapaian berharga dalam hubungan Cina -Indonesia terletak pada berpegang pada kemandirian strategis, saling percaya dan saling membantu, kerja sama yang saling menguntungkan, serta keadilan dan keadilan. Cina dan Indonesia adalah negara berkembang utama dan perwakilan negara-negara pasar berkembang.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Jokowi Setuju Saran Luhut Agar Prabowo Tak Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Ini Kata Gibran

Kedua negara selama ini selalu saling mendukung dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan nasional, ke depan juga harus bersatu secara tulus untuk menciptakan model yang saling menguntungkan dan saling menguntungkan, model pembangunan bersama, dan pelopor kerjasama Selatan-Selatan.

Baik Indonesia maupun Cina harus dengan tegas mengikuti jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasional masing-masing, dengan tegas mendukung satu sama lain dalam menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan, serta memahami dan mendukung satu sama lain dalam isu-isu yang melibatkan kepentingan inti dan keprihatinan utama masing-masing.

ADVERTISEMENTS

Cina bersedia mempertahankan pertukaran yang erat dengan Indonesia, bertukar pengalaman dalam tata kelola negara, memperkuat strategi pembangunan, lebih lanjut mempromosikan proyek “dua negara, taman kembar” dan “koridor ekonomi komprehensif regional”, dan terus memperdalam kerja sama maritim. Cina bersedia memperkuat kerja sama dan memberikan dukungan dengan Indonesia di bidang pengentasan dan pengentasan kemiskinan.

ADVERTISEMENTS

Xi Jinping menunjukkan bahwa saat ini, perubahan dunia dalam satu abad semakin cepat. Kedua belah pihak harus secara aktif mempraktikkan Lima Prinsip Hidup Berdampingan Secara Damai, dengan penuh semangat meneruskan semangat persatuan, persahabatan, dan kerja sama Bandung, mendorong multipolaritas dunia yang setara dan teratur serta globalisasi ekonomi yang inklusif, memperkuat kolaborasi multilateral, dan menjaga kepentingan bersama negara-negara berkembang.

Berita Lainnya:
PMI Siapkan Ratusan Tenda untuk Gaza

Cina bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk menjaga kesatuan dan sentralitas ASEAN, mempertahankan arsitektur regional yang terbuka dan inklusif, dan membangun komunitas Cina-ASEAN yang lebih erat dengan masa depan bersama.

Ucapan selamat tulus Presiden Joko kepada Presiden Xi Jinping disampaikan oleh Prabowo, serta menyatakan kegembiraannya menjadikan Cina  sebagai negara pertama yang dikunjunginya setelah terpilih menjadi presiden. Cina  adalah negara besar dengan pengaruh penting, dan Indonesia serta Cina selalu menghormati satu sama lain dan memperlakukan satu sama lain secara setara.

“Saya sangat mengagumi pencapaian besar yang dicapai oleh rakyat Cina di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, dan saya bersedia belajar dari pengalaman politik Cina dan memperdalam pertukaran dalam pemerintahan negara,” kata Prabowo.

Cina adalah mitra kerja sama yang kuat bagi Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusahaan Cina  telah berpartisipasi secara aktif dan mendalam dalam pembangunan ekonomi Indonesia dan membantu pembangunan nasional Indonesia.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi