Selasa, 30/04/2024 - 03:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Mengapa Yahudi Dilaknat Oleh Allah SWT? Ini Penjelasan Alquran

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA— Kaum Yahudi Bani Israel adalah salah satu kaum yang mendapatkan laknat dari Allah SWT. Lantas, mengapa mereka mendapat laknat tersebut? 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Jawaban pertanyaan tersebut ada di dalam Alquran. Kita akan menemukan bahwa mereka telah melanggar banyak aturan dan melakukan tindakan yang zalim.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Mereka cenderung menyembunyikan kebenaran, sering kali berbuat kerusakan, dan banyak terlibat dalam konflik dan perang. Lebih jauh lagi, Alquran menyatakan bahwa mereka adalah kaum yang tidak segan-segan membunuh para Nabi dan Rasul.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Allah SWT menjelaskan di dalam Alquran bahwa kaum Bani Israel telah dilaknat oleh lisan Nabi Daud dan Nabi Isa alaihimassalam karena mereka selalu melampaui batas dan durhaka. Allah SWT berfirman 

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَىٰ لِسَانِ دَاوُودَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ۚ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ

“Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas.” (QS Al Maidah ayat 78)

Berita Lainnya:
Mengapa Kurma Menjadi Menu Sunnah untuk Berbuka Puasa?

Dalam ayat lain, dijelaskan pula bahwa kaum Yahudi adalah kaum yang senantiasa terlibat dalam pengingkaran dan pembunuhan para nabi. Allah SWT berfirman:

أَفَكُلَّمَا جَاءَكُمْ رَسُولٌ بِمَا لَا تَهْوَى أَنْفُسُكُمُ اسْتَكْبَرْتُمْ فَفَرِيقًا كَذَّبْتُمْ وَفَرِيقًا تَقْتُلُونَ

“Apakah setiap datang kepadamu seorang rasul membawa sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kalian, lalu kalian bersikap sombong; kemudian beberapa orang (diantara Nabi itu) kalian dustakan dan beberapa Nabi kalian bunuh?” (QS Al-Baqarah ayat 87)

Bahkan tidak hanya sekali Allah SWT berfirman mengabarkan kepada kita tentang kelakuan orang-orang Yahudi yang telah membunuh beberapa nabi dan orang-orang shaleh. Dalam ayat lain Allah SWT berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَيَقْتُلُونَ الَّذِينَ يَأْمُرُونَ بِالْقِسْطِ مِنَ النَّاسِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

“Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar) dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil, sampaikanlah kepada mereka kabar gembira yaitu azab yang pedih.” (QS Ali Imran: 21)

Berita Lainnya:
Miris! Ustadz Felix Siauw Sebut Banyak Pelanggaran Saat Bukber, Shalat Ditinggal, Masjid Sepi, Mall Ramai

Imam Jalaluddin As-Suyuthi dalam kitabnya, ad-Durr al-Mantsur fi Tafsir al-Ma’tsur (1/178) menyebutkan bahwa Bani Israil dalam satu hari mereka membunuh 300 Nabi, kemudian mereka beraktivitas di pasar pada sore harinya seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Dengan keterangan tersebut, maka bertambah jelaslah keburukan orang Yahudi terdahulu. Sulit bagi mereka mencari alasan untuk membersihkan diri dan menyatakan sebagai kaum beriman. Kejahatan mereka telah terbukti dalam sejarah dan bahkan masih berlanjut hingga kini. Itulah yang menyebabkan mereka mendapat celaan dan kutukan.

Sumber: (Penggalan dari naskah khutbah Fachrur Rozy, Staf Pengajar Ma’had Aly An-Nuur, yang juga dipublikasikan di laman resmi Ma’had Aly An-Nuur Sukoharjo pada 9 November 2023).

 

sumber : Harian Republika

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi