Minggu, 26/05/2024 - 19:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Buaya Berukuran Hampir 4 Meter Berhasil Ditangkap di Rote Ndao

 KUPANG–Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT menangkap buaya berukuran 3,97 meter atau hampir 4 meter di Perairan Mulut Seribu, Kecamatan Landu Leko, Kabupaten Rote Ndao. Buaya besar tersebut selama ini meresahkan nelayan serta petani rumput laut setempat.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Buaya yang ditangkap pada Senin (8/4/2024) kemarin berjenis kelamin jantan ukurannya 3,97 meter,” kata Kepala BBKSDA Nusa Tenggara Timur Arief Mahmud dalam keterangan diterima di Kupang, Selasa (9/4/2024) sore.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Keberhasilan petugas menangkap buaya tersebut setelah pada 2-5 April 2024 pihaknya mendapatkan laporan masyarakat terkait dengan munculnya seekor buaya di perairan setempat yang juga kawasan pariwisata itu.

Berita Lainnya:
PKK Kutai Kartanegara Serius Bantu Turunkan Stunting Jadi 14 Persen

Dalam laporan yang diterima BBKSDA NTT, masyarakat mencatat buaya beberapa kali terpantau muncul pada 7 Maret, 22 Maret, dan 2 April 2024.

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Buaya itu dilaporkan cukup meresahkan masyarakat karena sempat menerkam ternak warga berupa kambing, meresahkan nelayan, baik pencari ikan, budidaya rumput laut, budidaya lobster, serta mengganggu aktifitas masyarakat lainnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kami kemudian menugaskan staf Resort Suaka Margasatwa Harlu yang ada di Desa Daiama untuk memverifikasi laporan serta asesmen kondisi lapangan guna memastikan kebenaran laporan dan penyiapan data dukung untuk dilakukannya operasi penangkapan atau relokasi buaya,” ujar dia.

Berita Lainnya:
Disapa Megawati Pakai Seragam PDIP, Andika Disambut Riuh Peserta Rakernas

Pada 6 April 2024, anggota Unit Penanganan Satwa BBKSDA NTT ditugaskan bertolak ke lapangan untuk melakukan penanganan. Tim selanjutnya berkoordinasi dengan kepala Desa Daiama serta warga pelapor. Setelah terlebih dahulu melakukan orientasi lapangan, tim segera melakukan pemasangan jerat dan observasi malam.

ADVERTISEMENTS

Pada hari kedua operasi, Senin (8/4/2024), antara pukul 02.00-04.00 Wita seekor buaya jantan sepanjang 3,97 meter berhasil ditangkap. Buaya tersebut, kata dia, diproses untuk relokasi dari perairan Mulut Seribu, Kabupaten Rote Ndao ke Kota Kupang, tepatnya ke kandang penampungan sementara di Kupang untuk proses lebih lanjut.

ADVERTISEMENTS

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi