Kamis, 30/05/2024 - 10:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

AS Bantah Iran Kirim Notifikasi Sebelum Serang Israel

Sistem pertahanan anti-rudal Iron Dome Israel dikerahkan di dekat Yerusalem, 14 April 2024.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

WASHINGTON — Pemerintah Turki, Yordania, dan Irak mengatakan Iran memberikan notifikasi beberapa hari sebelum menggelar serangan balasan ke Israel. Namun, pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan Teheran tidak memperingatkan Washington dan serangan dimaksudkan menimbulkan kerusakan besar.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal sebagai balasan atas serangan udara Israel ke kantor konsulat Iran di Suriah yang menewaskan tujuh perwira termasuk dua jenderal Garda Revolusi pada 1 April lalu. Sebagian besar drone dan rudal tersebut ditembak jatuh sebelum sampai ke wilayah Israel.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Pada Ahad (14/4/2024) Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian mengatakan Iran memberitahu negara-negara tetangga dan AS yang merupakan sekutu utama Israel, dalam 72 jam mereka akan menggelar serangan.

Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan mereka berbicara dengan Washington dan Teheran sebelum serangan digelar. Kementerian menambahkan sudah menyampaikan pesan sebagai perantara untuk memastikan reaksi dilakukan dengan proposional.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Mahasiswa Universitas Jenewa Lanjutkan Aksi Dukung Palestina

“Iran mengatakan reaksi ini merupakan respons serangan Israel pada kedutaannya di Damaskus dan akan tidak akan lebih dari ini. Kami menyadari kemungkinannya. Perkembangannya tidak mengejutkan,” kata sumber diplomasi Turki, Ahad (14/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Seorang pejabat senior pemerintah Presiden AS Joe Biden membantah pernyataan Amirabdollahian. Ia mengatakan Washington memang dihubungi Iran melalui Swiss sebagai perantara tapi tidak diberitahu mengenai serangan 72 jam sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Itu sama sekali tidak benar, mereka tidak memberi notifikasi, atau mereka memberi kesan ‘ini akan menjadi target, evakuasi mereka,” kata pejabat itu.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Pejabat itu menambahkan pesan Teheran ke Washington hanya disampaikan setelah serangan dilakukan dan dimaksudkan untuk menimbulkan kehancuran tinggi. Ia menambahkan klaim notifikasi Iran mungkin sebagai upaya untuk mengompensasi tidak adanya kerusakan besar dalam serangan tersebut.

ADVERTISEMENTS

“Kami menerima pesan dari Iran lewat Swiss ketika serangan berlangsung. Pesan itu pada dasarnya menunjukkan  mereka sudah selesai setelah ini, tetapi serangan itu masih berlangsung. Jadi itu adalah pesan (mereka) kepada kami,” kata pejabat AS itu.

Berita Lainnya:
Kemenko Ekonomi Ajak 150 Pengusaha Turki Tingkatkan Investasi ke RI

Pejabat pemerintah Irak, Turki dan Yordania masing-masing mengatakan Iran memberikan peringatan dini mengenai serangan tersebut pekan lalu, termasuk beberapa rinciannya. Serangan drone, rudal jelajah dan rudal balistik tersebut berisiko menimbulkan korban jiwa yang besar dan meningkatkan konflik.

Pada Jumat (12/4/2024) dan Sabtu (13/4/2024) para pejabat AS mengatakan mereka memperkirakan akan ada serangan dalam waktu dekat dan mendesak Iran untuk tidak melakukan serangan. Biden secara tegas mengatakan satu-satunya pesannya kepada Teheran adalah: Jangan melakukan serangan.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi