Selasa, 21/05/2024 - 21:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Senang Wewangian? Ini Tips Memulai Bisnis Parfum Sendiri

Produk parfum (ilustrasi).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Dalam memulai usaha parfum, mengenali pasar yang dituju menjadi hal yang krusial. Sejak awal perlu memiliki pemahaman yang jelas mengenai siapa target pasar yang akan digaet.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

CEO sekaligus Founder Alchemist Fragrance Naya Tinanda Nabila mengatakan, industri parfum saat ini mengalami pertumbuhan yang pesat. Namun, banyak pelaku usaha yang lupa akan esensi atau nilai yang ingin disampaikan.

“Kalau industri lagi berkembang banget itu banyak yang mau masuk, tapi jangan melupakan esensi atau value. Mau masuk untuk menjawab apa? Apa yang lain belum punya tapi aku punya? Itu harus ada, dan jangan dilupakan,” kata Naya.

Naya menjelaskan, memahami dengan baik siapa pasar yang dituju dan identifikasi apa yang belum ada di pasaran juga penting. Sebab hal-hal itu menjadi kunci utama dalam membedakan diri dari pesaing.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
BPS Catat Indeks Ketimpangan Gender 2023 Menurun, Apa Artinya?

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Selain itu, manfaatkanlah era digital yang sangat mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan digitalisasi, penghalang untuk masuk menjadi lebih rendah, sehingga memudahkan untuk memasuki pasar.

“Jadi, baik itu media sosial, platform e-commerce sangat membantu untuk kita bisa menggapai audiens lebih besar yang tadinya itu mungkin kalau kita lakukan sendiri sulit,” ujar Naya.

ADVERTISEMENTS

Namun, di sisi lain hal tersebut juga memerlukan pemahaman yang baik mengenai celah pasar, strategi yang tepat, dan siapa target pasar yang akan dituju. Terlebih e-commerce bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menggaet konsumen yang jauh atau tidak dapat digapai dengan mudah.

ADVERTISEMENTS

Sebagai contoh, saat meluncurkan produk bersama Tokopedia sejak awal menjadi strategi Naya, karena e-commerce tersebut memiliki pangsa pasar yang besar dan banyak pelanggan yang memiliki kecenderungan belanja di sana untuk memenuhi kebutuhannya di sana. Selain itu, penting untuk aktif menggugah kesadaran pelanggan dengan berkolaborasi dengan platform dan ikut serta dalam berbagai kampanye.

Berita Lainnya:
Penyaluran Bansos Dinilai Berhasil, Pos Indonesia Berkomitmen Jaga Kualitas

Keterlibatan brand dalam kampanye-kampanye ini akan membantu meningkatkan kesadaran pelanggan dan menguatkan citra brand di mata konsumen. Dengan demikian, memanfaatkan era digital dan berkolaborasi dengan platform-platform e-commerce menjadi strategi yang sangat efektif untuk memulai dan mengembangkan usaha parfum kita.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi