Senin, 20/05/2024 - 13:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Sumber Irak: Iran Beritahu Negara Tetangga Sebelum Serang Israel

Pemandangan dari jalur selatan Gaza menunjukkan drone atau rudal berlomba-lomba mencari sasaran di Israel selatan, 14 April 2024.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

BAGHDAD — Dua sumber Irak termasuk seorang penasihat keamanan pemerintah dan pejabat keamanan mengatakan Iran menggunakan jalur diplomasi untuk memberitahu rencana serangan balasan ke Israel tiga hari sebelum serangan digelar. Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal ke Israel pada Ahad (14/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Serangan itu merupakan balasan atas serangan Israel ke kantor konsulat Iran di Suriah yang menewaskan tujuh perwira termasuk dua jenderal Garda Revolusi pada 1 April lalu. Israel mengatakan sebagian besar drone dan rudal Iran ditembak jatuh sebelum masuk ke wilayah Israel.

Sumber Irak mengatakan Iran tidak mengungkapkan waktu pasti serangan tersebut dilakukan. Tapi disampaikan ke pihak berwenang keamanan dan militer Irak beberapa jam sebelum serangan digelar. Sehingga Baghdad dapat menutup ruang udara dan menghindari insiden fatal.

Berita Lainnya:
Turki Berjanji Tekan Israel Hingga Palestina Merdeka, Ibaratkan Hitler Tersinggung 

“Dari pemerintah Iran, pemerintah (Irak) jelas memahami militer AS di Irak juga sudah diberitahu mengenai rencana serangan,” kata sumber, Senin (15/4/2024).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sementara itu, pejabat senior Yordania mengatakan Iran memanggil perwakilan negara-negara Arab di Teheran untuk memberitahu tentang serangan ke Israel. Meski tidak mengungkapkan waktu pastinya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Saat ditanya apakah Iran memberikan detail tentang target dan jenis senjata yang digunakan, sumber Yordania tidak menanggapi secara langsung tapi mengindikasi informasi itu disampaikan.

Sumber Iran yang mendapat pengarahan singkat mengenai serangan ke Israel mengatakan melalui saluran diplomasi termasuk Qatar, Turki dan Swiss, Iran sudah memberitahu AS mengenai jadwal serangan. Ia mengatakan hal itu dilakukan untuk menghindari respons provokatif.

ADVERTISEMENTS

Namun, seorang pejabat pemerintah AS membantah Iran memberitahu rencana serangan ke Israel pada Washington sebelum serangan digelar. Ia mengatakan Washington memang dihubungi Iran melalui Swiss sebagai perantara tapi tidak diberitahu mengenai serangan 72 jam sebelumnya.

ADVERTISEMENTS

Seberapa jauh eskalasi dapat dihindari masih menjadi pertanyaan. Presiden AS Joe Biden sudah mengatakan kepada Israel, AS tidak akan bergabung bila Israel membalas serangan Iran. Sampai saat ini Israel masih menimbang-nimbang tanggapannya.

Berita Lainnya:
Puluhan Mahasiswa Amerika Ditangkap pada Aksi Lanjutan Pro Palestina

“(Israel) akan menetapkan harga setimpal dari Iran dengan cara dan waktu yang tepat untuk kami,” kata Menteri Israel Benny Gantz akhir pekan lalu.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi