Hari Pertama Masuk Kerja, Pj Gubernur Kaltim Tinjau Dua Kantor Samsat

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

ADVERTISEMENTS

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur sekaligus Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik.

ADVETISEMENTS

SAMARINDA — Hari pertama masuk kerja setelah cuti Idul Fitri 1445 Hijriyah, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik melakukan monitoring kantor di bawah naungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Dia mendatangi Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Induk Samarinda di Jalan Wahid Hasyim dan Kantor Bersama Samsat Pembantu Alaya di Sungai Pinang Dalam, Samarinda Utara.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Di dua lokasi itu pada Selasa (16/4/2024), Akmal melihat langsung layanan publik kala masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor setelah libur panjang di masa cuti bersama Lebaran. Dia didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Sri Wahyuni dan Asisten Administrasi Umum Riza Indra Riadi beserta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

“Kami di sini jajaran pemerintah provinsi ada Bu Sekda, Pak Asisten, Kepala BKD, Inspektorat, mencoba melihat apakah ASN kita itu sudah melaksanakan kewajibannya, untuk kembali bertugas setelah selesai cuti Lebaran. Alhamdulillah berjalan dengan baik,” ucap Akmal epada awak media.

ADVERTISEMENTS

Dia merasa, kunjungan ke lokasi unit pelayanan demi mendapatkan masukan atas kekurangan yang dirasakan masyarakat. “Dan itulah kenapa pentingnya kita turun ke lapangan untuk melihat permasalahan dan mencarikan solusinya. Intinya kita terus dari waktu ke waktu akan terus memperbaiki ini,” kata Akmal usai meninjau Samsat Induk Samarinda.

ADVERTISEMENTS

 

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri tersebut menyampaikan, pelayanan di Samsat Samarinda semua sudah berjalan dengan baik. Berbagai program dilaksanakan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat sebagai wajib pajak untuk menunaikan kewajibannya membayar PKB.

“Tadi kita menggunakan pendekatan online juga, pendaftaran tadi pajak kendaraan cukup lima menit mereka bisa membayar di luar dan tinggal cetak di sini. Juga yang lima tahunan lebih mudah karena sudah melakukan pendekatan online,” ujar Akmla.

Setelah itu, Akmal mendatangi RSUD AW Sjahranie dan RSUD Atma Husada Mahakam. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim Deni Sutrisno, Inspektur Daerah Kaltim, Irfan Prananta, serta Kepala Biro Organisasi Iwan Setiawan ikut mendampingi.

“Intinya kita pemerintah daerah bersama seluruh jajaran akan terus mencoba memperbaiki kinerja-kinerja seperti ini agar masyarakat kita merasa nyaman dan aman melakukan aktivitasnya,” ucap Akmal.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version