Senin, 20/05/2024 - 13:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Maskapai Susi Air Kini Layani Penerbangan ke Pulau Weh Sabang

 BANDA ACEH — Maskapai Susi Air resmi melayani rute penerbangan Banda Aceh-Sabang atau sebaliknya, sehingga dinilai menjadi alternatif pilihan transportasi bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Weh itu.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Kota Sabang, Selasa (17/4/2024) mengatakan transportasi ke Sabang semakin mudah dengan hadirnya perjalanan jalur udara. Apalagi, selama ini penyeberangan ke Sabang hanya dilayani jalur laut menggunakan kapal cepat dan kapal ferry roro.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Alhamdulillah Susi Air sudah terbang ke Sabang, kita tahu ini menjadi salah satu solusi dan pilihan bagi wisatawan yang akan ke Sabang. Tidak hanya mengandalkan kapal laut, tapi sekarang sudah bisa juga dengan udara, jadi semakin banyak alternatif pilihan bagi wisatawan ke Sabang,” kata Reza.

Hal tersebut disampaikan Reza di sela-sela acara penerbangan perdana maskapai Susi Air rute Banda Aceh-Sabang atau sebaliknya yang mendarat di Bandara Maimun Saleh (MUS) dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

Berita Lainnya:
Harga Eceran Tertinggi Minyakita Bakal Dinaikkan

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia menjelaskan, peningkatan kunjungan wisatawan pasca libur Lebaran Idul Fitri menjadi peluang besar bagi penerbangan ke Sabang, yang juga akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat maupun wisatawan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kata dia, Pemerintah Kota Sabang sangat berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah menjadikan Sabang sebagai salah satu destinasi dari program penerbangan subsidi dari pemerintah itu.

“Ini adalah pembuka, jadi sangat besar kemungkinan penerbangan ini juga akan mendorong dibukanya penerbangan-penerbangan lain. Jika awalnya subsidi barangkali ke depan kalau pasarnya bagus juga akan bisa jadi jalur komersil,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) MUS Falatehan Hasudungan mengatakan semua unsur telah siap untuk melakukan aktivitas berkaitan penerbangan. Banda Aceh-Sabang menjadi rute tambahan penerbangan perintis di Aceh yang disetujui Kementerian Perhubungan berdasarkan usulan dari Pemerintah Aceh.

ADVERTISEMENTS

“Tiket untuk rute Banda Aceh-Sabang dengan harga Rp220 ribu sekali jalan, sedangkan untuk rute sebaliknya Sabang-Banda Aceh dengan harga Rp 132 ribu. Itu neto untuk semua penumpang, dengan keberangkatan dua kali seminggu yakni hari Selasa dan Jumat,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Delegasi Asing akan Nikmati Budaya Indonesia di World Water Forum Bali

Selain Banda Aceh-Sabang, pada 2024 beberapa rute penerbangan perintis lain di Aceh yaitu Medan-Singkil, Medan-Gayo Lues, dan Gayo Lues-Takengon, dengan frekuensi masing-masing dua kali per pekan.

Ia berharap ke depan penerbangan perintis tersebut bisa terus berjalan. Tidak hanya berhenti pada penerbangan perintis, tetapi bisa menjadi penerbangan mandiri atau komersil untuk kepentingan masyarakat Sabang.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi