Kamis, 30/05/2024 - 13:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

PAN Sebut Syarat Megawati Bisa Jadi Amicus Curiae

 JAKARTA — Ketua Fraksi PAN, Saleh Daulay, mengatakan, setiap orang boleh mengajukan diri sebagai amicus  curiae.  Namun, yang memutuskan tentu para hakim di Mahkamah Konstitusi (MK). 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Mereka yang mengadili perkara sengketa pemilu. Karena itu, mereka yang tahu siapa saja yang diperlukan untuk hadir dan didengar pendapat dan kesaksiannya,” kata Saleh, Rabu (17/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Beberapa waktu lalu, lanjut Saleh, MK juga memanggil para menteri. Semua diminta keterangannya. Kesaksian mereka dinilai penting karena mereka adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam proses pengambilan keputusan terkait bansos. “Pemanggilan para menteri itu juga dalam rangka mengakomodasi permintaan pihak-pihak terkait, khususnya paslon 01 dan 03,” ungkap Saleh.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Terkait pengajuan Megawati sebagai Amicus Curiae, menurut Saleh, ada hal yang perlu dipertimbangkan. Yaitu apakah pernyataan yang akan disampaikan  Megawati sudah sama dengan apa yang disampaikan oleh para penasehat hukum paslon 03. Sebab, dalam perkara seperti ini, biasanya para penasehat hukum selalu berkonsultasi dan berdiskusi dengan para pengurus partai. Tentu saja, Megawati  hadir dan memberi arahan. 

Berita Lainnya:
Jokowi Tak Ambil Pusing Fotonya Diturunkan PDIP Daerah

 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Kalau nada dan iramanya sama, kata Saleh, tentu hal yang sudah dan akan disampaikan Megawati sudah didengar dan ditampung para hakim. Semua pendapat yang telah disampaikan pasti akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Dalam konteks itu, para hakim MK yang berwenang apakah bu Megawati masih diperlukan sebagai Amicus Curiae. Kita tidak bisa mengintervensi proses yang sedang berjalan,” ungkapnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Semua pihak harus menghormati dan mengapresiasi Megawati yang meminta agar MK memutus perkara secara adil. Sebab sejatinya, kata Saleh, harapan yang sama juga datang dari semua pihak. Tidak hanya para penggugat, tetapi juga para tergugat, dan semua pihak terkait.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Tiga Warisan Dokumenter Indonesia Masuk Daftar Memori Dunia UNESCO
ADVERTISEMENTS

“Kita kan negara hukum. Jadi, semua paslon yang berkontestasi pasti ingin ada keputusan yang adil. Dalam hal ini, paslon 02 juga memiliki harapan dan keinginan yang sama,” kata mantan ketua PP Pemuda Muhammadiyah ini. 

ADVERTISEMENTS

Jadi, lanjut Saleh, keadilan itu adalah harapan semua pihak. Tidak perlu dijadikan narasi seakan MK akan memutus dengan tidak adil. “Kita awasi semua prosesnya. Kalau ada yang salah, kita semua berkewajiban untuk meluruskannya,” ungkap dia.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi