Kamis, 30/05/2024 - 11:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Survei: Wisatawan Gen Z dan Milenial Berlibur untuk Hilangkan Stres

JAKARTA — Hasil survei RedDoorz Indonesia menunjukkan, wisatawan Indonesia dari kelompok Gen Z dan milenial lebih banyak memutuskan berlibur untuk menghilangkan stres.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Menurut keterangan resmi RedDoorz yang disiarkan ANTARA, survei yang dilakukan pada akhir Desember 2023 hingga pertengahan Januari 2024 itu melibatkan responden pelanggan RedDoorz dari kelompok Gen Z dan milenial yakni rentang usia 14–42 tahun dan kelompok Gen X yang berusia 43–50 tahun.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Sebanyak 67 persen responden dari kelompok wisatawan Gen Z dan milenial pergi berlibur karena ingin menghilangkan stres. Sementara 57 persen wisatawan dari kelompok Gen X berlibur dengan alasan ingin lebih banyak mendapatkan waktu berkualitas (quality time) bersama keluarga.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Survei tersebut juga menunjukkan preferensi liburan dari setiap kelompok wisatawan. Kelompok wisatawan Gen Z dan milenial lebih suka mencari inspirasi liburan langsung dengan membuka media sosial. Sementara untuk kelompok wisatawan Gen X masih senang mencari sumber-sumber inspirasi liburan lewat Google.

Berita Lainnya:
Iriana Beli Batik dan Gelang UMKM Binaan Pertamina di Dekranas Expo  

 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Untuk pemilihan destinasi berlibur, Yogyakarta dan Bandung menjadi destinasi paling favorit sepanjang tahun 2023 yang dipilih ketiga kelompok wisatawan ini.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dalam hal pemilihan momen atau waktu untuk liburan, ketiga kelompok wisatawan ini ternyata lebih suka menghabiskan waktu libur di tiga momen penting, seperti libur cuti bersama Natal dan Tahun Baru (40 persen), libur sekolah (38 persen), dan libur cuti Hari Raya Idul Fitri (37 persen).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sedangkan rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan untuk liburan bagi Gen Z dan milenial adalah tiga hari, sedangkan Gen X cenderung menghabiskan waktu libur lebih lama hingga tujuh hari.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Upaya Perpusnas Kuatkan Budaya Baca di Kalangan Gen Z: iPusnas Hingga Perpus Keliling
ADVERTISEMENTS

Temuan menarik lainnya adalah 41 persen wisatawan Indonesia dari kelompok Gen Z dan milenial lebih suka merencanakan liburan secara spontan atau mendadak. Sementara 29 persen wisatawan kelompok Gen X tetap merencanakan liburan beberapa bulan sebelumnya.

ADVERTISEMENTS

Perilaku wisatawan Gen Z dan milenial yang merencanakan liburan secara spontan ini kemudian berpengaruh pada kebiasaan mereka dalam hal melakukan pemesanan kamar hotel. Banyak wisatawan dari kelompok Gen Z dan milenial memesan hotel pada H-1 hingga di hari yang sama saat menginap.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi