Rabu, 01/05/2024 - 21:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Amalan yang Bisa Dikerjakan Pada Hari Jumat

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Hari jumat memiliki keutamaan yang istimewa dalam agama Islam. Sebagai hari yang dipilih oleh Allah SWT untuk diutamakan, keberkahan dan kesempurnaan ibadah di hari jumat memberikan pelajaran berharga bagi umat Islam. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Keutamaan ini tercermin dalam berbagai hadis yang mengajarkan tentang pentingnya shalat Jumat, membaca surah Al-Kahfi, dan berdzikir pada hari tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Oleh karena itu, setiap umat Muslim harus memperbanyak amalan pada hari jumat agar mendapatkan pahala. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pertama, membaca Surat Al-Kahfi

Sunnah membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat merupakan praktik yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan memiliki makna serta hikmah yang dalam bagi umat Muslim.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ.

Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi pada malam jumat, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Mekkah). (HR. Ad-Darimi). 

Berita Lainnya:
Mukjizat Nabi Muhammad SAW Bertepatan dengan Bulan Syawal

Kedua, memperbanyak berdoa terutama pada sore hari

Berdoa pada hari jumat merupakan peluang yang istimewa untuk memperoleh ampunan, rahmat, dan berkah dari Allah SWT. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa di antara waktu yang paling mustajab untuk berdoa adalah pada sore hari Jumat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan tentang hari jumat. Beliau bersabda:

فِيهَا سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْألُ اللهَ شَيْئاً ، إِلاَّ أعْطَاهُ إيّاهُ

Di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba yang muslim tepat pada saat itu berdiri sholat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan kepadanya. Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut. (HR. Bukhari, no. 935 dan Muslim, no. 852).

Ketiga, memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam

Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Berita Lainnya:
4 Gambaran Pengadilan Akhirat yang Diabadikan dalam Alquran

Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti. (HR. Baihaqi). 

Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah bentuk penghormatan dan pengagungan terhadap Rasulullah yang merupakan utusan terakhir Allah SWT kepada umat manusia.

Di sisi lain, bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah sendiri. Beliau menyatakan bahwa siapa pun yang bershalawat kepadanya satu kali, Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali lipat.

Dengan demikian amalan-amalan pada hari jumat ini bisa dilakukan oleh setiap umat Muslim tanpa terkecuali. Sebab, anjuran ini bisa mendatangkan pahala yang besar bagi setiap orang yang menjalankannya. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi