Rabu, 01/05/2024 - 08:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Apakah Lubang Hitam Menyimpan Rahasia Besar Tentang Nenek Moyangnya?

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Lubang hitam adalah wilayah ruang dan waktu yang mengerikan dan monolitik, yang telah memikat imajinasi umat manusia. Beberapa di antaranya diciptakan oleh kematian dan keruntuhan sebuah bintang masif, namun tidak ada satu bintang pun yang dapat melahirkan lubang hitam berukuran paling besar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Itulah lubang hitam supermasif yang mengintai di jantung galaksi, dengan massa yang setara dengan jutaan bahkan miliaran matahari. Lubang hitam raksasa seperti ini diyakini tercipta ketika dua lubang hitam kecil bertabrakan dan bergabung pada suatu waktu. Dan sekarang, para ilmuwan bertanya-tanya apakah manusia dapat mempelajari pohon keluarga lubang hitam dengan menelitinya dari generasi ke generasi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Jika ada objek atau peristiwa kosmologis yang dirancang misterius, maka itu adalah lubang hitam. Dilansir Space, Kamis (18/4/2024), wilayah ruang ini ditandai dengan batas yang disebut cakrawala peristiwa, pembatas antara alam semesta manusia dan apa pun yang ada di dalam kehampaan itu sendiri. Oleh karena itu, tidak mungkin mendapatkan sinyal dan informasi dari luar penghalang ini.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Studi: Kemacetan di Inti Galaksi Bisa Sebabkan Tabrakan Lubang Hitam
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Selain itu, lubang hitam hanya mempunyai sedikit karakteristik pengidentifikasi, sesuatu yang pernah dijelaskan oleh fisikawan teoretis John Wheeler. “Lubang hitam tidak memiliki rambut,” kata dia. 

ADVERTISEMENTS

Artinya, tidak seperti melihat warna rambut atau corak kulit anak-anak dan membuat tebakan kasar tentang warna rambut dan bentuk tubuh orang tuanya, lubang hitam supermasif yang ‘tidak berbulu’ tampaknya tidak memberikan petunjuk apa pun tentang garis keturunan mereka.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Imre Bartos adalah ahli fisika di Universitas Florida yang berteori bahwa karakteristik terbatas lubang hitam supermasif (massa, putaran, dan muatan listrik), sebenarnya dapat menyembunyikan detail jalur perakitan lubang hitam asli yang menciptakannya.

Gambaran standar mengenai kelahiran lubang hitam yang melibatkan kematian dan keruntuhan bintang-bintang masif, dikatakan dia, tidak dapat menjelaskan penciptaan lubang hitam raksasa yang terlihat manusia sekarang. Itu mencakup lubang hitam supermasif serta lubang hitam bermassa menengah yang relatif lebih kecil, dengan massa sekitar 100 hingga 100 ribu kali massa matahari.

Berita Lainnya:
Observatorium Ini Miliki Kamera Digital Terbesar yang Tangkap Gambar Alam Semesta

“Bintang mempunyai batasan seberapa besar mereka bisa tumbuh tanpa hancur dengan sendirinya. Jika sebuah bintang menjadi sangat-sangat besar, maka ia akan meledak sebelum sempat menciptakan inti padat yang bisa menjadi benih bagi lubang hitam,” kata Bartos.

“Kami memperkirakan ada batas alami seberapa berat lubang hitam ketika mereka terbentuk dari kematian bintang. Massanya sekitar 50 kali massa Matahari kita. Jadi, massanya cukup besar, tapi tidak sebesar massa saat kita melihat lubang hitam supermasif atau menengah,” ujar Bartos lagi.

Ini berarti pasti ada….

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi