Rabu, 01/05/2024 - 09:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Jokowi Minta Cina Investasi di IKN

ADVERTISEMENTS

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong Cina melakukan kerja sama pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satunya di bidang transportasi. Jokowi juga mendorong implementasi proyek strategis di kawasan industri Kaltara untuk investasi di bidang petrokimia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu Menteri Luar Negeri (Menlu) Cina Wang Yi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Hal lain masih di bidang kerja sama ekonomi, bapak Presiden mendorong kerja sama pembangunan di IKN termasuk untuk moda transportasi,” kata Menlu Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Blade Battery Generasi Kedua BYD Diluncurkan Tahun Ini, Seperti Apa Ya?

Menurut Menlu Retno, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya kedua negara meningkatkan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan. Di bidang perdagangan, misalnya, volume perdagangan didorong agar terus meningkat dan lebih seimbang.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

“Jadi sudah sangat lebih seimbang dilihat dari perdagangan bilateral dua negara,” ujarnya.

Jokowi juga berharap agar terus dilakukan pembukaan akses pasar produk Indonesia ke Cina, termasuk penyelesaian protokol untuk produk impor produk pertanian dan perikanan Indonesia. Sedangkan di bidang ketahanan pangan, Jokowi menekankan pentingnya meningkatkan kerja sama pertanian kedua negara, termasuk padi, hortikultura, dan juga durian.

Dalam pertemuan ini, juga membahas soal pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dan kereta cepat Surabaya. Jokowi mendorong agar dilakukan alih teknologi dalam pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung serta percepatan penyelesaian studi kelayakan perpanjangan trase ke Surabaya.

Berita Lainnya:
China Sangkal Kirim Mata-Mata ke Jerman dan Inggris  

“Bapak Presiden bicara mengenai masalah kereta cepat Jakarta-Bandung dan mendorong adanya alih teknologi, serta perlu percepatan penyelesaian studi kelayakan untuk perpanjangan trase ke Surabaya,” kata Menlu Retno.

Menlu Retno menyampaikan bahwa pembahasan detil terkait kereta cepat akan dilanjutkan pada esok hari di acara high level dialogue on the cooperation mechanism di Labuan Bajo.

“Untuk ekonomi tadi saya sampaikan termasuk masalah kereta cepat dsb besok baru akan dibahas di Labuan Bajo. Tadi saya sampaikan di forum HDCM pak Menko Marves, saya, dan dari pihak RRT akan diketuai oleh Menlu Wang Yi,” ungkapnya.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi