Selasa, 21/05/2024 - 20:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Menhan AS: Pasukan AS Sukses Bantu Israel Halau Rudal Iran

Tentara Iran menghadiri Hari Angkatan Darat tahunan di sebuah pangkalan militer di Teheran, Iran, 17 April 2024.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

WASHINGTON — Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin, memuji apa yang ia sebut “kemampuan dan profesionalisme luar biasa” pasukan AS dalam membantu menjatuhkan drone dan rudal Iran yang ditembakan ke Israel pekan lalu. Hal ini ia sampaikan saat memberikan pengarahan pada legislator AS.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Bersama Israel dan sekutu-sekutu kami, kami meraih keberhasilan besar dalam mengalahkan serangan Iran,” kata Austin seperti dikutip dari Aljazirah, Rabu (17/4/2024). “Kami akan terus siap untuk melindungi pasukan kami di kawasan dan mendukung pertahanan Israel dari serangan Iran atau proksi-proksinya,” tambahnya.

Austin menegaskan kembali ‘kuatnya’ komitmen AS pada keamanan Israel. Pemerintah AS berulang kali mengirim pesan tersebut sejak Iran membalas serangan Israel pada kantor konsulatnya di Suriah yang menewaskan tujuh perwira termasuk dua jenderal Garda Revolusi pada 1 April 2024.

Berita Lainnya:
Negara di Eropa Ini Jadi Investor Asing Terbesar Kedua untuk Arab Saudi

Walaupun Israel dan sekutu-sekutunya memuji keberhasilan mereka menembak jatuh drone dan rudal Iran pada Ahad (14/4/2024) lalu. Namun mantan penasihat keuangan pada kepala militer Israel dan brigadir jenderal Reem Aminoach memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk menghalau serangan Iran mencapai satu miliar dolar AS.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dalam laporannya, Bloomberg mengutip Aminoach yang mengatakan perkiraannya berasal dari rudal penghalau yang ditembakan Israel. Israel mengatakan Iran menembakan 170 drone, 30 rudal jelajah dan 120 rudal balistik.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara itu di kolom oponi surat kabar The Wall Street Journal, Presiden AS Joe Biden mengatakan kini menjadi “momen kebenaran” bagi legislator AS untuk menyetujui bantuan militer tambahan untuk Israel dan Ukraina. Selama berbulan-bulan pemerintah Biden meminta 14 miliar dolar AS untuk bantuan militer tambahan ke Israel. Tapi langkah itu tertahan di House of Representative.

Berita Lainnya:
Israel Klaim Bangun RS Baru di Jalur Gaza Bagian Tengah

Serangan Iran ke Israel menghidupkan kembali upaya meloloskan bantuan tambahan. Ketua House yang berasal dari Partai Republik, Mike Johnson mengatakan ia akan melakukan pemungutan suara pada pekan ini. Pengamat hak asasi manusia kerap memperingatkan pengiriman lebih banyak senjata ke Israel hanya akan memberi lebih banyak kekuasaan bagi Israel untuk membunuh dan melukai warga sipil Palestina.

ADVERTISEMENTS

Kritikus juga memperingatkan pasokan senjata AS akan meningkatkan ketegangan di kawasan. “Jika Iran berhasil meningkatkan serangannya dengan  signifikan pada Israel, AS bisa jadi akan terlibat. Israel adalah mitra terkuat kami di Timur Tengah; tidak terbayangkan kami akan berdiam diri jika pertahanannya melemah dan Iran dapat melakukan penghancuran yang diinginkannya akhir pekan ini,” tulis Biden. 

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi