Senin, 20/05/2024 - 13:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Gunung Ruang Meletus, Atap Rumah Penduduk Rusak Oleh Hujan Batu Kerikil

Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara terjadi pada Rabu (17/4/2024) malam. Hujan kerikil dan pasir dari erupsi Gunung Ruang membuat panik warga sekitar.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerima laporan bahwa terjadi hujan batu kerikil dan hujan pasir di sisi barat Pulau Tagulandang. Peristiwa itu terjadi akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024) malam.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Kami berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di lapangan, mereka melaporkan adanya hujan batu kerikil yang terjadi di Pulau Tagulandang,” ujar Ketua Tim Kerja Gunung Api Heruningtyas secara daring pada Konferensi Pers Kenaikan Status Gunung Ruang dari Siaga ke Awas, dipantau dari Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Berita Lainnya:
Bakteri di Stasiun Luar Angkasa Internasional Terpantau Bermutasi

Hujan kerikil tersebut, menurut Heruningtyas, merusak atap-atap penduduk. Selain hujan kerikil, Heruningtyas pun mengungkapkan bahwa terjadi hujan pasir yang melanda di area bagian barat Pulau Tangulandang.

Hal tersebut mengakibatkan kepanikan warga sekitar. Badan Geologi pun merekomendasikan agar warga yang berada dalam radius enam kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang dievakuasi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Penerbangan ke Manado Belum Pulih, Warga Pilih Gunakan Kapal

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“RSUD Tagulandang dan juga lapas di sana harus diungsikan, dikarenakan masuk ke zona enam kilometer,” ujar Heruningtyas.

Pada Rabu (17/4/2024), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan aktivitas erupsi berupa lontaran abu vulkanik setinggi 3.000 meter keluar dari kawah Gunung Ruang. Erupsi itu terjadi pukul 20.15 WITA.

ADVERTISEMENTS

sumber : Antara

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi