Selasa, 21/05/2024 - 19:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Tuduhan BTS Jiplak Video Musik SHINee Viral Lagi di Tengah Rentetan Kasus Hybe

Grup K-pop BTS dalam video klip Spring Day. BTS pernah dituduh menjiplak konsep video musik single SHINee, Lucky Star, rilisan 2014.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

SEOUL — Perseteruan antara Hybe Labels dan CEO Ador Min Hee-jin masih terus berlangsung. Di tengah beberapa tuduhan yang sedang dihadapi Hybe, kini isu terkait BTS yang pernah dianggap menjiplak konsep video musik SHINee kembali viral di dunia maya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Sebelumnya, banyak tuduhan plagiarisme yang dilontarkan terhadap sejumlah artis K-Pop. Hee-jin menuduh Illit menjiplak NewJeans hingga menuding plagiarisme terhadap grup lain seperti TWS dan bahkan artis SM Entertainment Riize.

Di tengah banyaknya tuduhan plagiarisme, isu kontroversial di masa lalu terkait BTS yang merupakan artis HYBE muncul kembali. “Beberapa warganet Korea memberikan reaksi menarik terhadap isu tersebut, dikutip dari Koreaboo, Rabu (1/5/2024).

Berita Lainnya:
Lagu BTS Bakal Muncul di Serial 'Bridgerton' Musim Ketiga

Tuduhan plagiat ini awalnya muncul pada era HYYH BTS sekitar tahun 2015 dan 2016. HYYH adalah singkatan dari “Hwa Yang Yeon Hwa” atau The Most Beautiful Moment in Life yang merupakan album sekaligus series dari BTS Universe (BU).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

BTS yang memakai konsep bertema alam terbuka untuk era “Young Forever”, dituduh menjiplak single Jepang SHINee tahun 2014 berjudul “Lucky Star”. Sebab, ada visual yang menghadirkan balon udara berwarna pelangi kemudian api unggun yang dikelilingi para anggota saat malam hari.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Konsep BTS dan SHINee dianggap memiliki beberapa kesamaan visual. Sekarang, tuduhan masa lalu tersebut kembali menjadi topik hangat di sebuah forum daring.

Berita Lainnya:
CEO Hybe America Unggah Foto Jungkook BTS, Army Kesal, Mengapa?

Ada pula yang menyinggung penggunaan camper bus pastel oleh BTS mirip dengan properti di video musik SHINee. Bahkan. tidak sedikit yang menuding BTS memiliki aksesori dan pakaian yang mirip dengan beberapa member SHINee.

ADVERTISEMENTS

Layaknya tuduhan plagiarisme lainnya, dapat dikatakan bahwa konsep semacam ini memang tidak dimiliki oleh satu artis saja. Konsep tersebut cukup mendasar untuk dibuat oleh tim BTS tanpa bermaksud meniru SHINee.

ADVERTISEMENTS

Namun, beberapa warganet Korea tampaknya masih ingat momen awal tuduhan tersebut muncul, dan betapa seriusnya kondisi kala itu. Ada yang mengingat saat penggemar SHINee mencoba mengungkapkan protes, tapi banyak orang dianggap malah menutup mata terhadap BTS.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi