Selasa, 21/05/2024 - 19:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pengamat: Perang Israel dan Iran akan Buat Seluruh Dunia Terkena Imbas

SURABAYA — Pengamat hubungan internasional Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof. Gonda Yumitro menyebut, serangan terbuka Iran ke Israel bisa menjadi boomerang. Serangan tersebut bisa berdampak kepada masyarakat Muslim yang ada di Palestina, dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Timur Tengah.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Saat ini, kata dia, banyak negara yang mendukung Israel setelah melihat kehancuran yang terjadi akibat serangan Iran tersebut. Meskipun, sasaran serangan yang dikirim Iran tidak membuat kerusakan pada organ inti Israel.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

 

“Jika serangan terus berlanjut, dampak perang akan semakin meluas. Maka dari itu, sekutu sangat mewanti-wanti Israel untuk tidak membalas serangan dari Iran. Banyak kerugian yang akan terjadi, tidak hanya negara tetangga Iran dan Israel saja, tetapi seluruh dunia akan terkena imbasnya,” kata Gonda dalam siaran tertulisnya, Kamis (18/4/2024).

Berita Lainnya:
15 Universitas Tertua di Dunia, yang Paling Tua Dibangun Umat Islam 

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Menurut Gonda, Indonesia tidak boleh memihak siapapun dan perlu berhati-hati menyikapi dinamika yang berkembang. Banyaknya WNI yang tinggal di kawasan Timur Tengah membuat Indonesia harus lebih bijak dan tetap pada sikap konstitusi. Yakni mendukung perdamaian dunia dan menentang segala macam bentuk penjajahan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

“Tentu Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi perdamaian dunia. Menolak keras segala bentuk serangan yang dapat menimbulkan korban sipil. Maka menurut saya, Indonesia tetap pada posisi normatif dan memikirkan kondisi WNI yang bisa terdampak di kawasan itu,” ujarnya. 

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

Gonda menegaskan, perang yang berkelanjutan perlu dihindari. Segala upaya yang ada perlu ditingkatkan untuk mencegah perang yang lebih luas terjadi. Masyarakat Indonesia juga perlu memiliki pandangan yang lebih kritis supaya tidak merugikan kepentingan nasional di kawasan, mengingat banyaknya WNI yang tinggal di Timur Tengah.

Berita Lainnya:
Brutalnya Serangan Israel di Tepi Barat

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi