Senin, 20/05/2024 - 12:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Dukcapil Jaktim Minta Pendatang Baru Lapor Diri

JAKARTA — Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur meminta kepada pendatang baru untuk melaporkan diri ke instansinya atau bisa juga ke RT atau RW tempatnya berdomisili.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Kami minta agar pendatang baru proaktif melaporkan diri ke RT/RW setempat. Karena kami tidak melakukan pendataan secara khusus atau operasi pembinaan penduduk (yustisi),” kata Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Timur, Naufan di Jakarta, Jumat (19/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Menurut dia pelaporan secara proaktif itu untuk keperluan pemberkasan identitas pendatang tersebut. “Memang kami tidak melakukan pendataan secara khusus, tetapi masyarakat yang datang kepada kami bisa menggambarkan pendatang baru atau bukan,” ucapnya.

Naufan memperkirakan jumlah pendatang baru di Jakarta, khususnya Jakarta Timur mengalami penurunan usai Lebaran 2024.

“Bisa dilihat tahun 2023 itu pendatang baru mencapai 41.970 orang, sementara yang pindah 69.949 orang. Untuk tahun 2024, dari Januari sampai Maret itu warga yang pindah 5.700 orang, dan warga yang datang ke Jakarta 2.400 orang. Jadi, setengahnya yang pindah jadi bisa dilihat sekarang ini cenderung menurun,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Polda Metro Jaya Gerebek Rumah Markas Judi Online Beromzet Rp 30 Miliar di Depok, Tangkap Beberapa Tersangka

Dia menilai penurunan jumlah pendatang ke Jakarta itu sudah terjadi sejak 2020. “Memang sekarang ini pendatang baru di DKI Jakarta ini sudah jauh menurun terutama dari tahun 2020, 2021 hingga saat ini, lalu tahun 2022 sampai 2023 sampai saat ini itu juga datang ke Jakarta cenderung menurun,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta memperkirakan jumlah pendatang baru mengalami penurunan usai Lebaran 2024. “Pendatang baru pada tahun ini Insya Allah akan menurun, jumlahnya diprediksi turun menjadi 10 ribu sampai 15 ribu orang,” kata Kepala Disdukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (13/4/2024).

Berita Lainnya:
Letjen TNI (Purn) Joppye Onesimus Kenang Awal Masuk TNI hingga Disuruh Cukur Kumis oleh Prabowo

Budi menyebut salah satu penyebab pendatang baru ke DKI Jakarta turun karena secara umum pembangunan nasional saat ini sudah merata di beberapa daerah, termasuk infrastrukturnya. Selain itu, perekonomian nasional juga sudah membaik begitupun dengan pemerataan lapangan kerja yang saat ini sudah banyak pilihan di seluruh Indonesia.

ADVERTISEMENTS

Budi memerinci berdasarkan tren jumlah pendatang usai lebaran atau arus balik mudik selama empat tahun terakhir yaitu pada 2020 sebanyak 24.043 orang, lalu 2021 sebanyak 20.046 orang, tahun 2022 sebanyak 27.478 orang, dan 2023 sebanyak 25.918 orang.

ADVERTISEMENTS

Pemprov DKI terus mengimbau agar warga Jakarta yang saat ini merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah di kampung halamannya agar tidak membawa sanak saudara, kerabat, ataupun keluarga lainnya saat kembali nanti tanpa ada jaminan tempat tinggal dan tempat bekerja yang layak.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi