Jumat, 03/05/2024 - 04:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Erupsi Gunung Ruang Sebabkan 14 Penerbangan di Bandara Hasanuddin Dibatalkan

ADVERTISEMENTS

MAROS — Sebanyak 14 penerbangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, di Maros, Sulawesi Selatan menuju Bandara Sam Ratulangi Manado terpaksa dibatalkan terkait dampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara pada Jumat 19 April 2024.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Kemarin itu sampai delapan (penerbangan dibatalkan) karena faktor gangguan dari erupsi, jadi ini sudah 14 penerbangan (sampai hari ini). Penumpang diberi kesempatan untuk refund (pengembalian tiket) atau reschedule (jadwal ulang),” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Taochid Purnomo Hadi di bandara setempat, Maros, Jumat (19/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ia mengatakan sejauh ini untuk rute penerbangan tujuan Manado, Sulawesi Utara, masih ditutup sementara waktu dan belum ada kepastian kapan akan dibuka mengingat kondisi tidak memungkinkan. Kendati demikian, pihaknya meminta penumpang untuk bersabar atau menunda keberangkatan dan bisa mengembalikan tiket kepada maskapai penerbangan masing-masing.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Gempa Garut 6,5 M Terasa di Sukabumi, Sejumlah Rumah hingga Masjid Rusak
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Manado sampai tadi pagi masih dinyatakan close (ditutup), karena paper test menyatakan terdapat abu vulkanik di sekitaran bandara, maka bandara dinyatakan ditutup. Para airlines kami sudah ingatkan untuk tidak menjual lagi tiket ke Manado sementara waktu,” paparnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Sedangkan untuk rute penerbangan hari ini ditunda, kata dia, ada enam penerbangan, namun mudah-mudahan di bandara lain tidak menerbangkan pesawat ke Manado karena dari informasi diterima telah ditutup sementara waktu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Udin, salah seorang penumpang pesawat maskapai penerbangan Grup Lion Air di bandara setempat menuturkan, rencananya akan berangkat ke Ternate, namun tertunda karena adanya informasi Gunung Ruang di Manado erupsi dan mengganggu penerbangan. “Mau ke Ternate, penundaan karena katanya ada erupsi, dampak dari Manado. Rencananya mau berangkat Jam 10 WITA, terpaksa harus menunggu. Belum tahu sampai kapan, tidak ada juga info,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Gunung Ruang Erupsi, Pegawai dan Warga Binaan Lapas Tagulandang Dievakuasi

Sampai saat ini puluhan penumpang masih menunggu kepastian keberangkatan, bahkan beberapa diantaranya mengajukan pengembalian tiket di loket maskapai penerbangan Lion Air dan Batik Air karena belum ada kepastian keberangkatan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM melalui keterangan resmi di website magma.esdm.go.id, Jumat, 19 April 2024 terjadi erupsi puk 17.06 Wita. Terpantau kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah selatan. Tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 400 meter di atas puncak.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi