Kamis, 30/05/2024 - 13:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Iran Cegat Tiga Drone di Isfahan

Tentara Israel meluncurkan drone di dekat perbatasan Israel-Gaza, Israel selatan, Senin, 15 April 2024.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

ISFAHAN – Media pemerintah Iran mengatakan pertahanan udara negaranya menjatuhkan tiga drone di pusat kota Isfahan, beberapa jam setelah stasiun penyiaran AS, mengutip para pejabat senior AS, melaporkan bahwa rudal Israel telah menghantam situs Iran. Televisi pemerintah Iran melaporkan ledakan di Isfahan, ketika pertahanan udara diaktifkan dan penerbangan di beberapa wilayah termasuk Teheran dan Isfahan ditangguhkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Tidak ada laporan mengenai korban jiwa dalam serangan itu. Dilansir Aljazirah, stasiun penyiaran pemerintah melaporkan bahwa pada “sekitar pukul 12.30 GMT” tiga drone terlihat di langit Isfahan, sistem pertahanan udara diaktifkan dan mereka “menghancurkan drone yang ada di langit.” 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

ABC News melaporkan sebelumnya, mengutip seorang pejabat senior AS, bahwa Israel telah meluncurkan rudal di sebuah lokasi di Iran. CBS News juga melaporkan bahwa serangan Israel telah terjadi. Israel berjanji untuk merespons setelah Iran pada Sabtu lalu meluncurkan serangan drone dan rudal ke negara tersebut, setelah dugaan serangan Israel terhadap kompleks konsulat Iran di Damaskus yang menewaskan dua jenderal senior. 

Berita Lainnya:
Mau Bebaskan Sandera, Tentara Israel Malah Ditawan Pejuang Palestina

Juru bicara badan antariksa Iran Hossein Dalirian mengatakan “beberapa” drone telah “berhasil ditembak jatuh”. “Tidak ada laporan mengenai serangan rudal untuk saat ini,” kata Dalirian di platform media sosial X.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Ada juga laporan ledakan di Irak dan Suriah. “Ada serangan terhadap posisi radar tentara Suriah,” kata Rayan Maarouf, yang mengelola situs anti-pemerintah Suwayda24 yang meliput berita dari provinsi Sweida di selatan. Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa telah menyerukan Israel untuk tidak menanggapi serangan Iran pekan lalu. Belum ada komentar langsung dari Gedung Putih atau Pentagon. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Penerbangan komersial mulai mengalihkan rute mereka pada Jumat pagi ke arah barat Iran tanpa penjelasan ketika kantor berita semi-resmi Fars di Iran mengatakan ada “ledakan” yang terdengar di kota Isfahan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Nyawa Presiden Iran Raisi dan Menlu Terancam Pasca Jatuhnya Helikoper di Pengunungan

Isfahan dianggap sebagai kota yang penting secara strategis dan menjadi tuan rumah bagi beberapa situs penting, termasuk situs penelitian dan pengembangan militer, serta pangkalan. Kota Natanz di dekatnya adalah lokasi salah satu situs pengayaan nuklir Iran. Fasilitas nuklir di Isfahan dilaporkan “sepenuhnya aman”, kantor berita Iran Tasnim melaporkan, mengutip “sumber yang dapat dipercaya”.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal ke Israel dalam serangan langsung pertamanya ke wilayah Israel pada Ahad (14/4/2024) dini hari lalu. Serangan akhir pekan lalu itu balasan atas serangan Israel ke kantor konsulat Iran di Suriah yang menewaskan tujuh perwira termasuk dua jenderal Garda Revolusi Iran.

ADVERTISEMENTS

Iran mengatakan mereka sudah menganggap masalah ini selesai. Tetapi Israel berjanji merespons serangan Iran itu. Sebaliknya, Iran juga menjanjikan serangan yang lebih dahsyat jika serangan balasan Israel itu dilakukan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi