Minggu, 26/05/2024 - 23:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Standar Rekrutmen Disebut Kelewat Tinggi, KAI Beri Penjelasan

JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI angkat suara terkait keluhan publik atas standar rekrutmen KAI yang dinilai begitu tinggi. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan KAI memang sedang membuka rekrutmen untuk program Management Trainee 2024.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

KAI, lanjut Joni, bekerja sama dengan PT Dayalima Recruitment yang mana masyarakat dapat melakukan pendaftaran mulai 17 April sampai 22 April 2024.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Untuk persyaratan tinggi badan, KAI mengikuti batas tinggi badan sertifikasi Ditjenka Kemenhub untuk masinis. Artinya dipersiapkan jika ada kebutuhan rotasi formasi pekerjaan dari pekerja lain menjadi pekerja kru KA agar kesinambungan perusahaan tetap berlangsung,” ujar Joni dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Untuk berat badan, KAI mengikuti aturan WHO untuk BMI (body mass index) ideal yang sehat dan minim risiko penyakit diabetes melitus atau jantung karena obesitas atau overweight.

Untuk persyaratan kemampuan berbahasa Inggris, ucap Joni, KAI menginginkan agar para pegawai memiliki kapabilitas sebagai calon pemimpin KAI di masa depan dengan wawasan global. “Akreditasi perguruan tinggi serta nilai IPK dapat menjadi indikator kualitas pendidikan dan kompetensi calon karyawan,” ucap Joni. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Harita Nickel Cetak Laba Bersih Rp 1 Triliun pada Kuartal I 2024

Joni menyebut kemampuan bahasa Inggris yang baik juga menjadi penting dalam lingkungan bisnis global saat ini. Joni menyampaikan KAI memiliki pelanggan dan mitra dari mancanegara.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dapat mempermudah kolaborasi dan memastikan informasi dapat dipahami dengan jelas oleh semua pihak terkait,” sambung Joni. 

Joni menambahkan, standar tinggi dalam rekrutmen ini mencerminkan komitmen KAI terhadap kualitas dan profesionalisme. Dengan menetapkan standar yang tinggi, KAI dapat membangun tim yang terdiri dari individu-individu yang memiliki kemampuan dan integritas tinggi. 

ADVERTISEMENTS

“Hal ini dapat berkontribusi pada produktivitas, inovasi, dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan yang semakin kompleks,” lanjut Joni. 

ADVERTISEMENTS

Sebelumnya, latar belakang pendidikan yang dipersyaratkan untuk rekrutmen KAI yaitu S1 dengan jurusan yang telah ditentukan dan IPK minimal 3,5 serta akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal “Unggul (A)” dari BAN-PT atau lembaga yang berwenang.

Berita Lainnya:
Jelang World Water Forum, Pertamina Patra Niaga Pastikan Pasokan Energi di Bali Aman

Joni mengatakan pendidikan terakhir yang dibutuhkan yaitu S1 dengan jurusan Logistik, Statistik, Digital Bisnis, Teknik Informatika, Teknik Industri, Sistem Informasi, Arsitektur, Manajemen Administrasi, Manajemen Bisnis, Matematika, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Hukum, Administrasi Pertanahan, Pertanahan, Manajemen Aset, Geodesi, Survei dan Pemetaan, Manajemen Informatika, Manajemen Pendidikan, Teknologi Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Supply Chain Management, Sipil Transportasi, Ilmu Komputer, Administrasi Bisnis, Akuntansi, dan Manajemen.

“Untuk rincian persyaratan dan tahapan rekrutmen, masyarakat dapat mengakses laman web e-recruitment.kai.id,” kata Joni.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi