Kamis, 23/05/2024 - 03:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Istri Shalehah Jadi Sarana Menuju Kebaikan Akhirat

JAKARTA — Dalam kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghazali bergelar Hujjatul Islam Zainuddin al-Thusi dijelaskan bahwa istri shalehah adalah sarana menuju kepentingan akhirat. Sebab, istri shalehah akan membantu suaminya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Imam Al Ghazali bahwa pernikahan itu mengandung lima kebaikan. Pertama, mendapatkan anak atau keturunan yang diharapkan shalih dan shalihah. Kedua, menyalurkan nafsu syahwat ke tempat yang dihalalkan oleh Allah SWT.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ketiga, menciptakan ketentraman batin dalam hidup dan berumah tangga. Keempat, meningkatkan pengabdian atau ibadah kepada Allah SWT. Kelima, mendapatkan pahala atas jerih-payah memenuhi kewajiban mencarikan nafkah bagi keluarga.

Dijelaskan dalam Ihya Ulumuddin, manfaat yang keempat dari pernikahan adalah untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Ada kesenangan dan kenikmatan yang diperoleh saat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berita Lainnya:
Kapan Puasa Syawal 2024 Berakhir?

Istri yang shalehah adalah istri yang dapat mengurus rumah tangganya dengan saksama, yang juga berarti membantu suaminya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Abu Sulaiman al-Darani Rahimahullah pernah mengatakan, “Wanita atau istri yang shalehah tidak hanya pandai tapi juga masuk dalam tiga kesenangan dunia. Istri shalehah juga merupakan satu di antara banyak sarana menuju kepentingan akhirat. Istri yang shalehah akan membantu suaminya dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui cara mengurus rumah tangga dan memberi kenikmatan serta kebahagiaan atas suaminya, dan begitu pula sebaliknya (suaminya, penerjemah).”

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Nabi Muhammad SAW bersabda,

ليَتَّخِذُ أَحَدُكُمْ قَلْبًا شَاكِرًا وَلِسَانًا ذَاكِرًا وَزَوْجَةً مُؤْمِنَةٌ صَالِحَةً تُعِيْنُهُ عَلَى آخِرَتِهِ.

ADVERTISEMENTS

“Hendaklah kalian bersyukur kepada Allah SWT, berzikir, dan beristri shalehah (bersuami yang shalih, penerjemah) yang itu bisa membantumu menuju kebaikan negeri akhirat.” (HR Imam At-Tirmidzi)

ADVERTISEMENTS

Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu pernah mengatakan, “Tidak ada karunia Allah SWT kepada hamba-Nya yang beriman yang lebih baik daripada seorang istri atau pasangan hidup yang shalehah. Tidak ada kekayaan yang sebanding dengan istri yang shalehah yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada laki-laki yang beriman.”

Berita Lainnya:
Bukan Sekadar Perang, ini Arti Jihad yang Sesungguhnya

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Aku diberi kelebihan dua perkara atas anak Adam (manusia) lainnya. Yaitu yang pertama, istri yang menolong mereka kepada perbuatan maksiat, sedangkan istriku menolongku kepada ketaatan kepada Allah SWT. Kedua, setan mereka tidak tunduk kepadanya, sedangkan setanku tunduk kepadaku dan tidak menyuruhku selain kepada kebaikan.” (Diriwayatkan Imam Al-Khathib)

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi