Kamis, 30/05/2024 - 09:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Lebih Tinggi dari Prediksi, Jumlah Pergerakan Selama Mudik Lebaran Capai 242 Juta Orang

Pemudik menunggu pemberangkatan bus program mudik dan balik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Senin (15/4/2024). Kemenhub memberangkatkan 1.056 penumpang dengan 25 bus angkutan program mudik gratis dan satu bus disabilitas netra dari Terminal Tirtonadi pada arus balik Lebaran 2024.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

 JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut jumlah pergerakan masyarakat selama masa mudik balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah mencapai 242 juta orang. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan prediksi berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan sebanyak 193,6 juta orang.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Dari catatan yang kita koordinasikan dengan operator telekomunikasi, pergerakan terjadi 242 juta.Itu berarti melebihi (prediksi),” ujar Budi Karya dikutip dalam keterangannya, Jumat (19/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Kadin: Program Pelatihan Perlu Diselaraskan dengan Kebutuhan Industri

Budi karya mengatakan, peningkatan jumlah ini dihitung meliputi pergerakan aglomerasi Jakarta Bandung dan sekitarnya.

Menhub menyampaikan, secara keseluruhan penyelenggaraan mudik balik lebaran 2024 ini berjalan lancar, meskipun terdapat sejumlah catatan yang perlu dievaluasi.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Bapak presiden memberikan amanat bagi kita semua dan saat akhir melaporkan kepada presiden kami menjalani semua kegiatan. Beliau mengapresiasi namun memberikan catatan yang perlu dievaluasi,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Sejak awal kata Budi Karya, prediksi lonjakan saat mudik lebaran telah memetakan sejumlah titik krusial yang berpotensi mengalami kepadatan yakni Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), dan penyeberangan Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Tingkatkan Penggunaan Biodiesel, Lemigas Uji Coba B40 pada Kereta Api

Meskipun, pada saat pelaksanaan kepadatan di Pelabuhan Merak dan Cipali tidak terhindarkan, dan menjadi evaluasi pelaksanaan mudik mendatang.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

“Tetap beberapa tempat di Merak dan Cipali melakukan pengamatan lebih jauh agar bisa melaksanakan ini dengan baik pada tahun mendatang,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Menhub merinci sejumlah sektor mulai dari perjalanan kereta api, laut, udara hingga darat yakni mudik gratis juga terlaksana dengan baik.

“Darat sempat yang struggling. Kami pantau beberapa titik dan rapat dari rapat memberikan masukan agar kegiatan menjadi baik,” ujarnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi