Kamis, 30/05/2024 - 09:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Dampak Erupsi Gunung Ruang Meluas, Ribuan Warga Mengungsi

JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih terus berupaya melakukan penanganan bencana erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Berdasarkan pendataan BNPB, dampak letusan gunung api dengan ketinggian 725 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu makin meluas.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan hasil pendataan per Sabtu (20/4/2024) pukul 14.00 WIB, terdapat 10 desa dan dua kelurahan di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, yang terdampak material vulkanis. Dampak yang dirasakan mulai dari hujan abu vulkanis disertai kerikil dan bebatuan saat erupsi seperti yang terjadi pada Selasa (16/4/2024) hingga Rabu (17/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Rincian desa/kelurahan yang terdampak di Kabupaten Sitaro meliputi Pumpente, Laingpatehi, Mahangiang, Tulusan Barangka Pehe, Apengsala, Lesah Rende, Pahiama, Boto, Leseh, dan Kelurahaan Bahoi serta Balehumara,” kata dia melalui siaran pers, Sabtu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Selain itu, dampak erupsi juga dirasakan di empat kecamatan Kabupaten Minahasa Utara, seperti Likupang Barat, Wori, Likupang Timur, dan Likupang Selatan. Dampak di Kabupaten Minahasa Utara dirasakan warga sejak Kamis (18/4/2024).

Abdul menyebutkan, rincian warga yang terdampak dan mengungsi meliputi 506 warga Desa Laingpatehi dan 332 warga Desa Pumpete. Selain itu, sebanyak 679 warga Desa Tulusan dilaporkan mengungsi di Desa Batumawira, Desa Bira, Desa Buha, dan Desa Kisihang, yang berada di Kecamatan Tagulandang.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Peneliti BRIN Soroti Perlunya Penanganan Sampah Popok dan Pembalut

“Sebanyak 83 warga Desa Barangka Pehe mengungsi di Gedung Gereja Yerussalem yang sudah memiliki dapur umum dan dikelola oleh warga jemaat sekitar,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ia menambahkan, terdapat 6.045 warga Kelurahan Bahoi dan Kelurahan Balehumara mengungsi di Kecamatan Tagulandang Utara. Jumlah total pengungsi hingga saat ini masih dalam proses pendataan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Adapun jumlah pengungsi yang berada di Desa Lesah ada sebanyak 31 warga pasien RSUD Batuline di lokasi Gereja Betel Paninteang. Pengungsi dari Desa Balehumara dan Bahoi sebanyak 60 warga mengungsi di rumah kerabat masing-masing. Kemudian ada 14 warga lainnya yang memilih mengungsi di Kota Manado.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Abdul menambahkan, sebanyak 28 warga Desa Pahiama, Kecamatan Tagulandang mengungsi secara mandiri di Siau. Sementara 32 warga memilih mengungsi di Kota Bitung serta Kota Manado.

ADVERTISEMENTS

Adapun jumlah total pengungsi di Kota Bitung ada sekitar 619 warga Kabupaten Sitaro yang mengungsi di Balai Kota Bitung. Beberapa di antaranya sudah berpindah ke rumah kerabatnya masing-masing.

Selain itu, ada sebanyak 48 warga Kabupaten Sitaro yang mengungsi di Kabupaten Minahasa Utara. Mereka memilih tinggal sementara di rumah kerabat masing-masing.

Berita Lainnya:
Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Bandara Djalaluddin Gorontalo Ditutup Sementara

Menurut Abdul, BNPB juga merinci kerugian materil atas dampak bencana ini meliputi kurang lebih 135 rumah di Kabupaten Sitaro, yang mana ada 363 rumah rusak, dua gereja rusak dan satu sekolah dasar rusak.

Ia menyatakan, BNPB telah mengirimkan bantuan berupa tenda pengungsi lima set, tenda keluarga 100 unit, light tower empat unit, genset empat unit, sembako 300 paket, makanan siap saji 300 paket, hygine kit 300 paket, matras 300 lembar, selimut 300 lembar, kasur lipat 150 lembar, masker 300 boks, velbed 50 unit, toilet portable 10 paket, dan survival kit pengungsi 300 paket.

“Bantuan dikirimkan menggunakan pesawat melalui Gorontalo yang kemudian diangkut menggunakan lima truk dari Gorontalo menuju pelabuhan Bitung, akan dimuat Kapal Ferry. Alternatif ini diambil setelah Bandara Sam Ratulangi di Kota Manado masih ditutup hingga 21 April 2024 pukul 12.00 WIB,” kata dia.

Selain logistik dan peralatan, BNPB juga mengirimkan satu unit helikopter untuk mendukung segala keperluan kedaruratan, baik untuk mengangkut logistik dan peralatan maupun evakuasi warga. Helikopter ini telah disiagakan di Lapangan Bola Stadion Klabat, Kota Manado pada hari ini.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi