Kamis, 23/05/2024 - 04:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

KNKT Respon Bantahan PO Rosalia Soal Prosedur Penugasan Sopir Jadi Penyebab Kecelakaan

 JAKARTA — Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, lembaganya masih mendalami kecelakaan tunggal PO Bus Rosalia Indah di KM-370 A Tol Batang-Semarang yang mengakibatkan tujuh korban tewas. Hal itu  disampaikannya, setelah temuan KNKT terkait adanya kesalahan prosedur dalam penugasan sopir bus dibantah oleh pihak PO Rosalia Indah.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Jadi kita masih perlu mendalami. Kami juga belum menyimpulkan apapun untuk kondisi Rosalia, tapi yang jelas ada kecelakaan korbannya tujuh itu data faktual. Pengakuan sopir lelah, tapi lelahnya kenapa, nah ini yang perlu pendalaman, tidak sesimple itu,” ujar Soerjanto dalam keterangannnya dikutip Sabtu (20/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Soerjanto mengatakan, pihaknya masih terus mengevaluasi keseluruhan agar hasilnya nanti bisa lebih komprehensif. 

Ia menambahkan, KNKT bersama Korlantas Polri dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan juga saat ini masih mencari formula efektif untuk mengatasi persoalan kecelakaan mudik karena diduga kelelahan. Sehingga hal ini diharapkan nantinya bisa mencegah terjadinya kecelakaan di masa mendatang.

Berita Lainnya:
KNKT Tekankan Sekolah Harus Pilih Bus Wisata Resmi untuk Hindari Kecelakaan

“Kami juga akan bersama Kakorlantas dan Ditjen Darat untuk mencari formula yang efektif untuk menyelesaikan semuanya, bukan masalah satu PO saja, tapi semuanya. apakah masalah ini ada di PO-PO lain, nanti kita mungkin (temukan) di PO satu, mungkin PO lain juga. Makanya, kita pengin secara holistik seperti apa solusinya,” katanya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebelumnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah menemukan kesalahan prosedur dalam penugasan sopir bus oleh PO Bus Rosalia Indah yang mengalami kecelakaan tunggal di KM-370 A Tol Batang-Semarang dengan mengakibatkan tujuh korban tewas. Hal itu berdasarkan hasil serangkaian pemeriksaan dan investigasi yang teliti di lokasi kejadian.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ketua Sub Komisi Lalu Lintas Angkutan Jalan Komite Nasional Keselamatan Transportasi Ahmad Wildan di Batang, Jawa Tengah, Jumat (12/4/2024) sore, mengatakan dari hasil pemeriksaan, KNKT menemukan pola penugasan sopir bus yang berpotensi menyebabkan kelelahan.

Berita Lainnya:
Ini Dugaan KNKT Mengapa Pilot Tecnam P2006T Arahkan Pesawat ke Lapangan Sunburst BSD

“Oleh karena itu, kami akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menyusun laporan akhir atas kasus kecelakaan itu,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Menurut dia, berdasar hasil investigasi menunjukkan bahwa tidak ada masalah teknis yang signifikan pada kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tunggal di KM-370 Tol Batang-Semarang itu.

ADVERTISEMENTS

Sementara, pihak Rosalia Indah menyebut jika perusahaannya memiliki standar operasional (SOP) yang jelas terkait jadwal mengemudi untuk para sopir busnya. Public Relations PO Rosalia Indah, Yofie Aganovic menyebut jika tidak ada sopir Rosalia yang mengemudi lebih dari delapan jam dan terdapat kebijakan 2 sopir di setiap bus antar provinsi.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi